Miris..! Gletser Austria Diprediksi Lenyap Akhir Abad Ini karena Perubahan Iklim

- 14 Mei 2022, 20:49 WIB
Ilustrasi gletser di Pegunungan Pitztal Austria
Ilustrasi gletser di Pegunungan Pitztal Austria /Pixabay

KARANGANYARNEWS - Perubahan iklim yang memicu pemanasan global diprediksi akan melenyapkan gletser di Austria pada akhir abad ini.

Hal itu disampaikan Kepala Organisasi Meteorologi Dunia (World Meteorological Organization/WMO) melalui kantor berita Austria APA pada Jumat (13/5).

Sekretaris Jenderal WMO Petteri Taalas mengatakan kepada APA bahwa mencairnya gletser dan es kutub akan berlanjut selama berabad-abad.

Baca Juga: Lakukan Pendakian Tanpa Izin, 13 Wisatawan Dilaporkan Hilang di Gunung Changshan

Tterlepas dari perjuangan melawan perubahan iklim, Taalas merasa bahwa gletser Austria tidak punya harapan lagi.

"Gletser-gletser di Swiss, negara Alpen lainnya, juga diperkirakan akan menyusut menjadi hanya 5 persen dari ukurannya sekarang pada akhir abad ini," ujar Taalas.

Ia memperingatkan bahwa mencairnya gletser akan berdampak pada pasokan air minum dan produksi listrik serta menaikkan permukaan air laut, yang mengancam sejumlah megakota.

Baca Juga: Perubahan Iklim Makin Mengkhawatirkan, Ancam Ketahanan Pangan

Namun, Taalas tetap optimistis akan upaya global untuk memitigasi perubahan iklim. Dengan komitmen kuat terhadap isu iklim dari para politisi dalam konferensi iklim Glasgow, yang diadakan di Skotlandia pada 2021 lalu, dan kemajuan teknologi perusahaan-perusahaan swasta.***

Editor: Langgeng Widodo

Sumber: Xinhua


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x