Jejak Raden Mas Said (2): Hengkang dari Istana Melunasi Spirit Patriotiknya

- 13 November 2021, 16:10 WIB
 Patriotik dan heroisme perjuangan Raden Mas Said, dalam ‘Sendratari Nyi Ageng Karang’ yang digelar setiap Hari Jadi Kabupaten Karanganyar
Patriotik dan heroisme perjuangan Raden Mas Said, dalam ‘Sendratari Nyi Ageng Karang’ yang digelar setiap Hari Jadi Kabupaten Karanganyar /Kustawa Esye/

KARANGANYARNEWS – Terspirit jiwa patriotiknya, Raden Mas Said memilih hengkang dari istana menentang kesewenang-wenangan Paku Buwono II, Raja Kartosuro yang telah didominasi intrik politik kolonial Belanda.

Raden Mas Said meninggalkan Keraton Kartosuro hari Rabu Kliwon, tanggal 3 Rabiulakhir Tahun Jimakir, 1666 (menurut penanggalan tahun Jawa) atau tahun 1741 (Masehi), sinengkalan ‘Rasa Retu Ngoyag Jagad’.

Bersama Raden Mas Sutowijoyo yang diangkat sebagai panglima perang, bergelar Kyai Ngabehi Ranggo Panambang, dan Ki Wirodiwongso yang juga diangkat patih bergelar Kyai Ngabehi Kudonowarso, Raden Mas Said menghimpun kekuatan di daerah Nglaroh.

Baca Juga: Jejak Raden Mas Said (1): Alap-alap Samber Nyawa, Putra Bangsawan yang Terbuang

Selain kedua pengikut setianya tadi, Raden Mas Said juga diikuti para pemuda dari Kartosuro yang simpati terhadap misi perjuangannya. Awalnya hanya 18 pemuda, kemudian hari bertambah menjadi 24 pemuda.

Di Nglaroh, lereng barat Gunung Lawu kini wilayah Kabupaten Wonogiri, Raden Mas Said mempersiapkan perlawanannya, dengan melatih olah kanuragan, strategi perang dan laku spiritual reliqius kepada pengikutnya.

Spirit perjuangannya menentang penguasa Keraton Kartosuro yang bersekutu dengan VOC atau kolonial Belanda, juga lebih tertempa para Kyai dan sesepuh. Dua diantaranya, Kyai Nuriman dan tokoh agama di desa tersebut.

Baca Juga: Pasar Ngat Pahingan, Ikon Wisata Lereng Merapi Unik Nan Eksotik

Kesungguhannya berlatih kanuragan dan ketekunannya mengasah ilmu spiritual reliqius para pengikutnya, menjadikan dalam waktu singkat  Raden Mas Said berhasil membentuk pasukan tangguh dan pemberani.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x