Jangan Lewatkan, Ini Kuliner Khas 4 Kota Ngapak Non Pantura

- 26 April 2022, 22:42 WIB
Purwokerto, terkenal dengan oleh-oleh getuk goreng yang legit dan nikmat
Purwokerto, terkenal dengan oleh-oleh getuk goreng yang legit dan nikmat /Astrid Setya/

KARANGANYARNEWS - Siapa tak kenal istilah Ngapak? Ngapak adalah bahasa Jawa yang digunakan di wilayah Kabupaten Banyumas, Cilacap juga Purbalingga.

Tapi tahukah kamu, kalau daerah yang berada di luar Pantura ini juga memiliki kekhasan makanan yang selalu dikangeni.

Nah, kalau kamu mudik dari Jakarta menuju ke Jawa Timur atau Jawa Tengah, sekali-kali mampir ke kota-kota Ngapak, sekedar beristirahat, berwisata atau mencoba kuliner khasnya.

Ini dia 4 kota Ngapak yang telah dikunjungi KaranganyarNews.com serta dilansir dari Buku Mampir Yuk! Peta Kuliner Jalur Pulau Jawa, karya Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan.

Baca Juga: 6 Kota Pantura Jateng, Sajikan Beragam Kuliner Khas Teruntuk Pemudik

  1. Cilacap

Kota dengan slogan bercahaya, bersih, elok, rapi, ceria, hijau, aman dan jaya ini memiliki banyak makanan khas, seperti brekecek yang terbuat dari ikan dicampur bumbu rempah mirip rica-rica.

Ada juga sate martawi yang mirip sate lilit, juga tahu brontak, walangan, keripik sukun, abon ikan tuna, jipang kacang dan donat Jawa yang merupakan perpaduan singkong dan tepung tapioka.

  1. Banyumas

Kabupaten yang berbatasan dengan Brebes, Purbalingga, Banjarnegara, Kebumen dan Cilacap ini, terkenal dengan makanan khas seperti bakmi nyemek, sate bebek, gule bebek, tempe bongkrek, soto Sokaraja, tahu gecot dan tegean.

Baca Juga: 8 Kuliner Wajib Dicicipi di Jalur Mudik; Brebes, Tegal dan Pemalang

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x