8 Kuliner Wajib Dicicipi di Jalur Mudik; Brebes, Tegal dan Pemalang

- 25 April 2022, 23:27 WIB
Hj. Inah sedang melayani pembeli kupat glabed di Brebes
Hj. Inah sedang melayani pembeli kupat glabed di Brebes /Instagram @kupatsate_blengong/

KARANGANYARNEWS - Perjalanan mudik lewat darat yang lama, terasa melelahkan dan membosankan. Namun demikian, dapat diatasi dengan beristirahat di tempat wisata atau warung makan, sekaligus berbuka puasa.

Brebes, Tegal dan Pemalang, Jawa Tengah, memiliki kuliner khas, siapa tahu kota-kota ini menjadi rute perjalanan mudikmu.

Berikut 8 makanan khas di kota Brebes, Tegal dan Pemalang, dilansir dari Buku Yuk Mampir! Peta Kuliner Jalur Lebaran Pulau Jawa, terbitan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan.

Baca Juga: Resep Cilor Maklor Asyik, Enak, Murah dan Mudah Bikinnya

  1. Sate Blengong

Blengong merupakan hewan hasil perkawinan antara bebek dan mentok (entok), dengan tekstur mirip bebek, berserat lebih lunak dan lembut ketika dikunyah.

Makan daging blengong memberikan sensasi baru dalam segi tekstur rasa. Sate blengong dapat diperoleh di Kupat Sate Blengong Kasturi Rajak Jl. KH. Hasyim Ashari, PS. Batang, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes.

  1. Sate Kambing Muda

Rumah makan yang telah berusia 25 tahun ini, selalu menyajikan beragam masakan daging kambing seperti sate kambing muda, gulai kambing muda, dan sup kambing muda, di Jl. H. Muchlas 220 Rt. 04 Rw. 06 Ketanggungan, Dukuhturi Dua, Dukuhturi, Brebes.

Baca Juga: Resep Cireng, Asik Diknikmati Sambil Ngopi

  1. Kupat Glabed

Sajian yang terdiri dari potongan ketupat dengan sayur pepaya muda bersantan, dicampur potongan daging sapi, yang biasa disantap sebagai makan pagi ini, selalu ada di Kupat Glabed Sate Blengong Ibu Inah, Kauman, Kecamatan Brebes, Bebes.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x