6 Kuliner Khas Endus di Pekalongan, Batang, Semarang dan Salatiga

- 27 April 2022, 23:42 WIB
Mudik, pulihkan tenaga dengan wedang ronde jago Salatiga
Mudik, pulihkan tenaga dengan wedang ronde jago Salatiga /Instagram @cicikkulineran/

KARANGANYARNEWS - Mudik lewat darat itu melelahkan, apalagi kalau naik kendaraan sendiri, tanpa ada sopir pengganti. Karena itu, istirahat dalam perjalanan sangat diperlukan, untuk memulihkan tenaga serta pikiran.

Kalau lewat jalan utama, atau jalan Nasional dan jalan Provinsi, lebih asyik kalau bisa mampir mencicipi makanan khas daerah yang dilewati.

Nah berikut ulasan kuliner lezat yang bisa dicicipi, saat lewat kota Pekalongan, Batang, Semarang dan Salatiga, yang dipetik dari Buku Mampir Yuk! Peta Kuliner Jalur Pulau Jawa, karya Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan.

Baca Juga: 12 Kuliner Khas Kota Ngapak, Paling Ngangeni dan Bikin Nagih

  1. Nasi Megono

Salah satu makanan khas dari Pekalongan adalah nasi megono, yang merupakan campuran nasi diberikan cacahan nangka muda dengan parutan kelapa yang dibumbui, serta disajikan bersama tempe mendoan. Nasi megono bisa didapatkan di Nasi Megono Sego Rakyat Mbak Ibah, Jl. Teratai No. 82 Poncol Pekalongan TIM, Pekalongan.

  1. Lontong Lemprak

Lontong lemprak terkenal sebagai makanan khas Kabupaten Batang yang merupakan perpaduan lontong, disiram kuah santan dan bumbu rempah, dibubuhi suwiran daging ayam kampung. Jika lewat Batang, jangan lupa mampir ke Lontong Lemprak Mbak Mur, Jl. Ahmad Yani No. 58 Bogoran, Kauman, Kecamatan Batang, Batang.

  1. Sate dan Gule Kambing

Ada sate dan gule kambing nikmat, yang selalu jadi incaran para pemudik saat melewati kota Semarang. Olahan daging kambing ini bisa diperoleh di restoran legendaris Sate dan Gule Kambing 29, Jl. Letjen Suprapto No. 29 Purwodinatan, Semarang.

Baca Juga: Camilan Pengusir Kantuk saat Perjalanan Mudik, Ini Resep Jamur Crispy

  1. Mangut Belut

Di Semarang, ada menu mangut belut yang rasanya tiada duanya, apalagi bumbunya sangat meresap, dengan mangut yang dipatok harga Rp 15.000,- per porsi ini menjadi primadona para pengunjung. Untuk mendapatkan menu ini, silahkan mampir di Warung Nasimah, Mangut Welut, Jl. Kyai Saleh No. 1 Randusari Semarang.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x