Camilan Pengusir Kantuk saat Perjalanan Mudik, Ini Resep Jamur Crispy

- 27 April 2022, 21:12 WIB
resep jamur crispy
resep jamur crispy /ILustrasi/Instagram/

KARANGANYARNEWS - Nah, ini dia resep jamur crispy yang dapat digunakan untuk bekal perjalanan mudik yang dapat mengusir rasa mengantuk saat mengemudi. Selain enak, jamur ternyata memiliki banyak manfaat.

Dikutip dari berbagai sumber, ada beragam manfaat jamur tiram yang baik untuk kesehatan. Jamur berwarna putih ini diketahui mengandung beragam nutrisi yang dapat menjaga daya tahan tubuh dan melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

Ketika berbicara tentang jamur tiram, Anda mungkin langsung membayangkan jamur yang diolah menjadi jamur crispy atau tumis jamur. Jamur tiram (Pleurotus ostreatus) memang kerap digunakan sebagai bahan dasar berbagai jenis masakan, karena rasanya yang lezat dan kaya akan nutrisi.

Baca Juga: Hidangan Lebaran Paling Kriuk, Ini Resep Tempe Crispy

Dalam sekitar 100 gram jamur tiram terdapat 18 kalori. Hal ini membuat jamur tiram sebagai bahan makanan yang tergolong rendah kalori. Selain rendah kalori, jamur tiram juga mengandung nutrisi penting yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, seperti protein, karbohidrat, serat, vitamin A, vitamin D, vitamin B4 atau kolin, vitamin B9 atau asam folat.

Ada pula berbagai jenis mineral, termasuk zat besi, fosfor, kalsium, kalium, zinc, dan selenium. Tak hanya itu, jamur tiram juga mengandung beragam antioksidan yang berperan dalam mencegah penyakit kronis dalam tubuh.

Selain kandungan beragam nutrisi di dalamnya, jamur tiram juga tergolong makanan yang bebas lemak sehingga Anda bisa mengonsumsinya sebagai salah satu menu diet sehat. Karena bermanfaat untuk menangkal radikal bebas, menjaga kesehatan jantung, mengurangi risiko terkena diabetes, menurunkan berat badan berlebih, mencegah pertumbuhan kanker.

Baca Juga: Hidangan Lebaran Sehat dan Asyik, Ini Resep Tahu Crispy yang Enak, Renyah, Gurih dan Bikin Tergila gila

Ya, jamur tiram memang makanan sehat yang baik dikonsumsi sehari-hari. Namun, jika Anda ingin mengambil manfaat jamur tiram untuk mengobati penyakit tertentu, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk memastikan keamanannya.

Halaman:

Editor: Abednago Afriadi

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah