Ceramah Tausiah: Jangan Pernah Risaukan Masa Depan

- 27 Juni 2022, 07:35 WIB
Ceramah Tausiah Ustadz Drs. H. Moch Isnaeni, M.Pd.
Ceramah Tausiah Ustadz Drs. H. Moch Isnaeni, M.Pd. /dok pribadi/

Oleh |.| Ustadz Moch Isnaeini

DALAM ceramah tausiah sebelumnya, pernah kami sampaikan risalah terkait keharusan seluruh umat manusia untuk bekerja keras nan cerdas, sebagai aktualisasi kekhalifahan manusia di muka bumi.

Sedangkan ceramah tausiah hari ini, kami uraikan risalah untuk tidak merisaukan masa depan kehidupan kita. Bukankah untuk menggapai keberhasilan masa depan itu kita harus bekerja keras?

Itulah pentingnya kami uraikan risalah sebagaimana dalam judul ceramah tausiah hari ini; Jangan Pernah Risaukan Masa Depan.

Baca Juga: Ceramah Tausiah: Jurus Kunci Memenangkang Saratnya Kompetisi Hidup

Dalam Syariat Islam, manusia memang tidak diperbolehkan terlalu merisaukan atau terlalu mengkawatirkan masa depan kita. Namun demikian, dalam ceramah tausiah ini, bukan berarti menganjurkan kita tidak bekerja keras dan cerdas.

Karena di sisi lainnya, kita juga diharuskan terus belajar beradaptasi dengan lingkungan yang senantiasa berubah-ubah, sesuai perjalanjan dan perkembangan gejolak jaman.

Kita diharuskan juga seperti air, senantiasa mudah berubah menyesuaikan diri dengan media yang ditempatnya. Begitulah kita, harus selalu bisa beradaptasi dengan lingkungannya.

Kenapa harus senantiasa dapat beradaptasi dengan lingkungan kehidupan? Karena, sepanjang hayat hidup kita didunia, selalu dan senantiasa dipenuh rasa kekawatiran.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x