Umat Muslim Wajib Tahu: Inilah 5 Keutamaan Puasa Ramadhan, Salah Satunya Penyebab Masuk Surga

- 25 Maret 2023, 01:05 WIB
Dalam buku ‘Fiqih Praktis Puasa Ramadhan’ disebutkan, satu diantara lima keutamaan puasa Ramadhan sebagai penyebab masuk surga
Dalam buku ‘Fiqih Praktis Puasa Ramadhan’ disebutkan, satu diantara lima keutamaan puasa Ramadhan sebagai penyebab masuk surga /Pexels/Monstera/

KARANGANYARNEWS - Dalam rangkaian ayat-ayat puasa Ramadhan, disisipkan ayat yang mengandung pesan tentang kedekatan Allah SWT kepada hamba-hamba-Nya, serta janji-Nya untuk mengabulkan doa siapa pun yang dengan tulus berdoa.

Dalam buku ‘Fiqih Praktis Puasa Ramadhan’ karya Abu Ubaidah Yusuf bin Mukhtar As-Sidawi dan Abu Abdillah Syahrul Fatwa disebutkan, terdapat lima keutamaan bagi mereka yang menjalankan puasa Ramadhan.

Kelima keutamaan puasa Ramadhan tadi diantaranya Pertama, termasuk rukun Islam. Kedua, menghapus dosa yang telah lalu. Ketiga, merupakan sebab masuk surga. Keempat, do’anya terkabulkan. Dan Kelima, mendapatkan pahala yang berlipat ganda tanpa batas. Berikut, penjelasan selengkapnya:

Baca Juga: Puasa Ramadhan Penyempurna Tradisi Agama Samawi Sebelumnya, Inilah Syariat dan Sejarahnya

  1. Termasuk Rukun Islam

Islam itu dibangun di atas lima perkara, tidak sempurna keislaman seseorang kecuali dengan mengerjakan lima perkara tersebut. Ibadah puasa Ramadhan, termasuk rukun Islam berdasarkan hadis dari Abu Abdirrahman Abdullah ibn Umar ibn al Khaththab, ia berkata, “Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda:

عَنِ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ : قَالَ رَسُولُ الله ﷺ: بُنِيَ الإِسْلَامُ عَلَى خَمْسٍ : شَهَادَةِ أَنْ لا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللهِ ، وَإِقَامِ الصَّلَاةِ ، وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ ، وَالْحَجِّ ، وَصَوْمِ رَمَضَانَ

Artinya:

Islam itu dibangun di atas lima perkara: syahadat(persaksian) bahwa tidak ada ilah (sembahan) yang berhak diibadahi dengan benar kecuali hanya Allah dan bahwa Muhammad adalah rasul (utusan) Allah, mendirikan shalat, membayar za kat, berhaji ke Baitullah, dan berpuasa di bulan Ramadhan.’” (HR al-Bukhari: 8 dan Muslim: 16)

  1. Menghapus Dosa Masa Lalu

Dari Abu Hurairah Ra bahwasanya Rasulullah SAW bersabda:

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x