Kapan Puasa Dzulhijjah 2024? Ini Jadwal Lengkap dan Dalilnya

- 5 Juni 2024, 13:05 WIB
Kapan puasa Dzulhijjah 2024, ini jadwal lengkap dan dalilnya. Puasa Dzulhijjah dilaksanakan di sembilan hari pertama Bulan Dzulhijjah, yakni pada tanggal 1 hingga 9. (Foto ilustrasi: Pixabay)
Kapan puasa Dzulhijjah 2024, ini jadwal lengkap dan dalilnya. Puasa Dzulhijjah dilaksanakan di sembilan hari pertama Bulan Dzulhijjah, yakni pada tanggal 1 hingga 9. (Foto ilustrasi: Pixabay) /(Foto ilustrasi: Pixabay)

KARANGANYARNEWS - Kapan Puasa Dzulhijjah 2024? Ini Jadwal Lengkap dan Dalilnya. Hari Raya Iduladha tinggal menghitung hari alias sudah di depan mata. Ada beberapa amalan sunnah bisa dilakukan menjelang Iduladha, salah satunya adalah puasa Dzulhijjah yang dilaksanakan di sembilan hari pertama Bulan Dzulhijjah, yakni pada tanggal 1 hingga 9.

Dalam Hadits Riwayat Ahmad dan An Nasa’i seperti dikisahkan Hafsah binti Umar bin Khattab, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam tidak pernah meninggalkan amalan-amalan penting semasa hidupnya.

“Ada empat hal yang tidak pernah ditinggalkan Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam, yaitu puasa Asyura, puasa sepuluh hari di Bulan Dzulhijjah, puasa tiga hari setiap bulan, dan dua rakaat sebelum subuh,” (HR Ahmad dan An Nasa'i).

Baca Juga: Pilkada Solo: Putri Politisi Golkar Akbar Tandjung Ambil Formulir Pendaftaran Calon Wali Kota di Gerindra

Awal Dzulhijjah sendiri menurut Kalender Hijriah yang dikeluarkan Kementerian Agama RI, 1 Dzulhijjah jatuh pada Sabtu, 8 Juni 2024. Artinya, mulai hari/tanggal tersebut umat Muslim bisa mulai menjalankan puasa sunnah Dzulhijjah.

Puasa sunnah di awal Dzulhijjah ini sangat dianjurkan dikerjakan umat Muslim karena sangat disukai Allah Subhanahu wa Ta'ala. Sebagaimana dijelaskan dalam hadits riwayat Imam Bukhari dari Ibnu Abbas Radhiyallahu'anhu, Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda:

"Tidak ada perbuatan yang lebih disukai oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala daripada perbuatan baik yang dilakukan pada sepuluh hari pertama di Bulan Dzulhijjah. Para sahabat bertanya, 'Ya Rasulullah, walaupun jihad di jalan Allah? Rasulullah menjawab, 'walau jihad di jalan Allah, kecuali selama-lamanya (menjadi syahid)." (HR Bukhari)

Baca Juga: BMKG: Waspadai Potensi Cuaca Ekstrem, meski Masuk Musim Kemarau

Jadwal Puasa Dzulhijjah 1445 H

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah