7 Hal yang Membatalkan Puasa, Awas Nomor 5 dan 6 Sering Tak Disadari!

- 28 Maret 2024, 17:05 WIB
7 hal yang membatalkan puasa. Penting bagi umat Muslim untuk memahami apa saja pembatalnya agar ibadah puasanya tetap sah. (Foto: Pixabay/madartzgraphics)
7 hal yang membatalkan puasa. Penting bagi umat Muslim untuk memahami apa saja pembatalnya agar ibadah puasanya tetap sah. (Foto: Pixabay/madartzgraphics) /

KARANGANYARNEWS - 7 Hal yang Membatalkan Puasa, Awas Nomor 5 dan 6 Sering Tak Disadari!. Puasa merupakan salah satu ibadah penting dalam agama Islam. Selama Bulan Ramadan, umat Islam menahan diri dari makan, minum, dan berbagai aktivitas tertentu dari terbit fajar hingga terbenam matahari sebagai bentuk pengendalian diri dan mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Ada beberapa hal dapat membatalkan puasa, sehingga penting bagi umat Muslim untuk memahaminya agar ibadah puasanya tetap sah.

Berikut tujuh hal membatalkan puasa yang perlu diketahui, dirangkum dari berbagai sumber.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Tempat Nongkrong Asyik dan Instagramable di Solo, Cocok buat Ngabuburit

  1. Makan dan minum

Makan atau minum dengan sengaja adalah salah satu hal paling jelas dalam membatalkan puasa.

Setiap asupan makanan atau minuman, bahkan sekecil apa pun akan membatalkan puasa, kecuali dalam kondisi tertentu seperti lupa kalau sedang berpuasa atau dalam keadaan darurat yang mengancam nyawa.

  1. Hubungan intim

Berhubungan intim dengan pasangan suami/istri sah juga membatalkan puasa. Hal ini termasuk dalam kategori tindakan menggugurkan keutamaan ibadah puasa selama Ramadan.

Baca Juga: Daftar Nama-nama Tokoh Disebut bakal Ramaikan Bursa Bupati di Pilkada Karanganyar 2024

  1. Muntah dengan sengaja

Muntah dengan sengaja, baik disengaja dengan menstimulasi muntah atau karena tindakan tertentu dapat membatalkan puasa. Jika seseorang muntah tanpa sengaja atau karena penyakit, puasanya tetap sah.

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x