6 Amalan Utama di Bulan Ramadan Datangkan Banyak Pahala, Nyesel bila Ditinggalkan

- 29 Maret 2023, 16:15 WIB
6 amalan utama di Bulan Ramadan datangkan banyak pahala. Ramadan merupakan bulan yang sangat agung dan bertabur pahala sekaligus ampunan. (Foto ilustrasi: Pixabay/mucahityildiz)
6 amalan utama di Bulan Ramadan datangkan banyak pahala. Ramadan merupakan bulan yang sangat agung dan bertabur pahala sekaligus ampunan. (Foto ilustrasi: Pixabay/mucahityildiz) /

KARANGANYARNEWS - 6 Amalan Utama di Bulan Ramadan Datangkan Banyak Pahala, Nyesel bila Ditinggalkan. Ramadan merupakan bulan yang sangat agung dan bertabur pahala sekaligus penuh ampunan. Pada bulan mulia ini pula umat Islam diwajibkan menunaikan ibadah puasa.

Selain berpuasa sebulan penuh, sepanjang Ramadan ada banyak amalan utama yang bisa mendatangkan pahala berlipat ganda.

Apa saja itu, berikut amalan-amalan yang dianjurkan untuk dikerjakan di bulan suci Ramadan, dirangkum dari berbagai sumber.

Baca Juga: Catat! Ini Doa Buka Puasa Ramadan yang Benar sesuai Sunnah, Bukan Allahumma Laka Shumtu

  1. Salat malam

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

"Barang siapa yang pada bulan itu (Ramadan) mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu kebaikan, nilainya seperti orang melakukan perbuatan yang diwajibkan pada bulan lainnya. Barang siapa yang melakukan suatu kewajiban pada bulan itu, nilainya sama dengan tujuh puluh kali lipat dari kewajiban yang dilakukannya pada bulan lainnya." (HR Bukhori-Muslim).

Ibadah malam ini dapat dilakukan dengan salat tahajud, terutama di sepertiga malam terakhir.

Baca Juga: Bacaan Niat Puasa Ramadan Lengkap dengan Artinya, Sebaiknya Dibaca Sekali atau Setiap Hari?

  1. Fokus beribadah di sepuluh hari terakhir

Di sepuluh hari terakhir bulan Ramadan, Allah Subhanahu wa Ta'ala menjanjikan memberikan ampunan kepada umat islam yang beribadah.

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x