Kemenhub dan BMKG Komitmen Tingkatkan Keselamatan Angkutan Penyeberangan

- 19 Agustus 2021, 00:43 WIB
Kemenhub bersama BMKG berkomitmen memperkuat sinergitas dalam rangka meningkatkan keselamatan angkutan penyeberangan (Foto Ilustrasi: Pixabay/rdlncl)
Kemenhub bersama BMKG berkomitmen memperkuat sinergitas dalam rangka meningkatkan keselamatan angkutan penyeberangan (Foto Ilustrasi: Pixabay/rdlncl) /

KARANGANYRNEWS - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) berkomitmen untuk memperkuat sinergitas, dalam rangka meningkatkan keselamatan transportasi, khususnya angkutan penyeberangan.

Hal tersebut disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat menjadi pembicara kunci dalam acara diskusi FGD virtual bertema “Waspada Cuaca, Tingkatkan Keselamatan Jalur Penyeberangan,” diselenggarakan BMKG, Rabu, 18 Agustus 2021.

“Dukungan informasi iklim dan cuaca dari BMKG sangat penting peranannya dalam transportasi, dalam rangka meningkatkan aspek keselamatan, guna mencegah terjadinya korban jiwa dan kerugian,” jelas Menhub, dilansir dari laman resmi Kementerian Perhubungan RI, dephub.go.id.

Baca Juga: Perpanjangan PPKM, Anak di Bawah 12 Tahun Tetap Dilarang Naik Kereta Api Jarak Jauh

Budi Karya Sumadi menjelaskan, pelaksanaan fungsi keselamatan dan keamanan pelayaran angkutan sungai, danau, dan penyeberangan (ASDP), saat ini menjadi tugas dari Ditjen Perhubungan Darat melalui Direktorat Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan.

“Mulai 1 Juni 2021, pelaksanaan keselamatan dan keamanan pelayaran ASDP menjadi tugas dari Ditjen Perhubungan Darat yang sebelumnya dilaksanakan oleh Ditjen Perhubungan Laut,” ujarnya.

Menhub mengungkapkan, saat ini terdapat 238 pelabuhan laut direncanakan melayani angkutan penyeberangan.

Saat ini sudah 208 pelabuhan laut yang sudah melayani angkutan penyeberangan.

Adanya pengembangan jaringan pelayanan penyeberangan melalui konsep sabuk lintas, menurut Budi Karya Sumadi, berpotensi menjangkau 2.342 pulau berpenghuni dan 31 pulau kecil terluar berpenghuni.

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: dephub.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x