26,5 Juta Warga Jateng Terbidik Hoaks, Inilah Tips Penangkalnya Ala Ganjar

- 29 Agustus 2021, 17:49 WIB
Gubernur Ganjar menyampaikan tipsi penangkal hoaks dalam acara Gerakan Literasi Digital 2021 Indonesia #MakinCakapDigital secara virtual
Gubernur Ganjar menyampaikan tipsi penangkal hoaks dalam acara Gerakan Literasi Digital 2021 Indonesia #MakinCakapDigital secara virtual /humas pemprov jateng/

KARANGANYARNEWS – Tak kurang 26,5 juta warga Jawa Tengah rentan jadi sasaran korban hoaks. Sebagai penangkalnya, Gubernur Ganjar Pranowo memberikan tips kepada warganya yang melek digital.

Hoaks masih menjadi isu utama dalam bermedia. Karena itulah, Ganjar meminta 26,5 juta masyarakatnya yang melek digital tak jadi korbannya, dengan lebih mengutamakan saring sebelum sharing dalam bermedia sosial.

Hal itu disampaikan Ganjar saat menjadi narasumber dalam acara bertajuk Gerakan Literasi Digital 2021 Indonesia #MakinCakapDigital secara virtual, Sabtu 28 Agustus 2021. Beberapa tips diberikan Ganjar kepada masyarakat, agar warganya terhindar hoaks.

Baca Juga: Ganjar Bubarkan Konvoi Sepeda, Pesertanya 100-an Anak Tak Bermasker

"Teliti informasi, perbanyak literasi, produksi konten positif dan jika menerima hoaks, cukup berhenti pada kita. Stop disitu jangan diterusin," kata Ganjar.

Hal ini penting dimengerti sebagai salah satu materi dalam literasi digital. Sehingga, selain tidak menjadi penyebar hoaks kita juga bisa terhindar dari kesalahan fatal.

Apalagi ada UU ITE yang mengatur jalannya bermedia di Indonesia. Hal itu juga mesti dimengerti agar tidak terjadi misinformasi, disinformasi dan malinformasi.

Baca Juga: Marak Modus Penipuan Online, Masyarakat Diminta Aktif Lakukan Pelindungan Data

"Hari ini menjadi penting kita ngobrol agar semua tidak salah langkah. Jangan sampai nanti ditangkap polisi, terus kemudian pakai materai 10 ribu habis itu dia minta maaf di media massa, itulah kejadian yang ada," ujarnya.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah