Menginspirasi Musik Dunia, UNESCO Tetapkan Gamelan Warisan Budaya Takbenda

- 16 Desember 2021, 10:03 WIB
Gamelan, musik tradisional budaya adiluhung bangsa Indonesia, ditetapkan UNESCO sebagai Warisan Budaya Takbenda
Gamelan, musik tradisional budaya adiluhung bangsa Indonesia, ditetapkan UNESCO sebagai Warisan Budaya Takbenda /Dok Kemendikbud Ristek/

KARANGANYARNEWS - Institusi internasinal yang membidangi pendidikan, keilmuan, dan kebudayaan atau UNESCO menetapkan Gamelan sebagai Warisan Budaya Takbenda.

Kado akir tahun 2021 teristimewa, sekaligus membanggakan teruntuk Bangsa Indonesia. Penetapan Gamelan sebagai intangible cultural heritage, tercatat untuk ke-12 karya adiluhung bangsa Indonesia meraih legalitas UNESCO.

Presiden Jokowi, Rabu 15 Desember 2021 petang membagi kabar menggembirakan sekaligus membanggakan seluruh Bangsa Indonesia ini,  melalui akun media sosialnya.

Baca Juga: Primbon Jawa, Inilah Karir Profesi Paling Hoki Teruntuk Kamis Legi

Baik dalam akun Facebook Presiden Jokowi maupun lini @jokowi Twitter menulis, Badan PBB yang berkantor pusat di Paris itu telah menetapkan Gamelan sebagai Warisan Budaya Takbenda.

“Saya menyambut dengan hangat dan bangga atas penetapan ini. Gamelan sudah lama menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari rakyat di berbagai daerah di Indonesia,” tulis Presiden Jokowi.

Menurutnya, Musik Tradisional khas Indonesia ini terus dipelajari, dikembangkan dan diwariskan dari generasi ke generasi. Gamelan juga memberi inspirasi dan pengaruh terhadap musik dunia.

Baca Juga: Jejak Majapahit di Gunung Semeru (3); Misteri Punden Berundak di Arcapadha

Dia jelaskan, Indonesia akan terus melestarikan Gamelan melalui pendidikan dan pelatihan secara formal dan non-formal, melalui festival, pawai, pertunjukan dan pertukaran budaya antar bangsa.

Menurut kantor Direktorat Jenderal Kebudayaan, Gamelan menjadi Warisan Budaya Takbenda Indonesia ke-12 yang telah tercantum dalam daftar Warisan Budaya Takbenda UNESCO.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x