Fantastis, Pemilu 2024 KPU Jateng Ajukan Anggaran Rp 2,4 Triliun

- 6 April 2022, 09:05 WIB
Gubernur Ganjar Pranowo bersama Komisioner Kpu Jawa Tengah, Ikhwanudin
Gubernur Ganjar Pranowo bersama Komisioner Kpu Jawa Tengah, Ikhwanudin /Humas Pemprov Jateng/

KARANGANYARNEWS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Tengah, mengajukan anggaran Pemilu 2024 Rp 2,4 Triliun.

Demikian disampaikan Komisioner KPU Provinsi Jawa Tengah, Ikhwanudin saat bertemu Gubernur Ganjar Pranowi, dalam rangka persiapan Pilkada dan Pemilu 2024 di kantornya, Selasa 05 April 2022.

Anggaran tersebut, menurut dia nantinya dibagi dua antara pemerintah Provinsi dan pemerintah Kabupaten/ Kota. Perubahan dan kenaikan sejumlah indeks, membuat anggaran yang diusulkan KPU Jawa Tengah sebesar Rp 2,4 Triliun.

Baca Juga: Resmikan Pabrik Bata Ringan Terbesar Di Jawa Tengah, Ganjar Pranowo : Semoga Menggairahkan Investasi

"Sesuai Permendagri itu harus ada kesepakatan bersama antara Gubernur dengan Bupati/ Wali Kota. Kita berharap koordinasinya, terutama terkait honor AD HOC," kata Ikwanudin.

Dijelaskan juga, dari sharing anggaran tersebut diharapkan Pemprov Jawa Tengah bisa mengambil alih honorarium AD HOC yang pada PIlkada 2018 ditanggung oleh kabupaten kota, berakibat munculnya perbedaan besaran honor.

"Sehingga harapannya nanti bisa ditanggung propinsi dari PPK, PPS maupun KPPS. Angkanya kalau dihitung itu Rp 1 Triliun lebih," ucapnya.

Baca Juga: Gelontorkan Dana 281 Miliar, Ini Pesan Ganjar Kepada Pengajar Agama

Menurut Ikhwanudin,  kenaikan anggaran dalam usulan yang diberikan itu,  juga dipengaruhi perubahan sejumlah indeks. Selain honorarium Ad Hoc, kata Ikhwan, juga terdapat kenaikan jumlah pemilih dan TPS.

"Itu yang menyebabkan kenaikan angka untuk kebutuhan Pilkada. Jadi nanti Rp 1 Triliun untuk honor, sisanya untuk operasional. Lainnya ditanggung Kabupaten/  Kota," ujarnya.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x