Jalan Spiritual Sosrokartono yang Mengantarkannya Mati dalam Kesederhanaan

- 10 April 2022, 15:39 WIB
Sosrokartono/DOK. PR
Sosrokartono/DOK. PR /

KARANGANYARNEWS - Berbagai kemampuan inteligensia tingkat tinggi yang dimiliki Sosrokartono, mampu mengispirasi para tokoh kemerdekaan untuk segera bangkit dari keterpurukan.

Namun nama tokoh ini seperti tenggelam, bersama dengan pilihan hidupnya untuk menjalani kesederhanaan dan mengabdikan diri untuk membantu sesama.

Terlahir di Jepara pada 10 April 1877 dengan nama Raden Mas Panji Sosrokartono, tokoh ini tak lain adalah kakak dari RA Kartini.

Nama Sosorokartono memang tidak terlalu banyak dikenal. Dia seperti tenggelam dengan isu mistisisme yang cenderung melekat pada dirinya, di jelang akhir masa hidupnya. Yang mana lebih banyak menempatkan dirinya sebagai sosok dengan kemampuan spiritual tinggi.

Baca Juga: Menajamkan Energi Pusaka dengan Jamasan di Wuku Landep

Sehingga kemudian banyak para pembesar negara termasuk Presiden Soekarno, yang menempatkan dirinya sebagai guru spiritual.

Bahkan hal ini juga yang membuat makamnya di wilayah Kaliputu, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah kerap dijadikan jujugan para pelaku ritual. Untuk menjalankan tirakat tertentu agar hajatnya terkabul.

Namun di balik itu semua, Sosrokartono sendiri adalah sosok yang rasionalis. Dia nyaris tidak pernah diceritakan suka menjalankan serangkaian ritual-ritual yang bersifat klenik.

Bahkan kalaupun dia dipercaya memiliki kemampuan spiritual yang tinggi, itupun tidak pernah disadarinya.

Halaman:

Editor: Langgeng Widodo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x