Inilah 6 Masjid di Pulau Jawa, yang Ikut Andil Kenalkan Islam

- 5 Mei 2022, 09:57 WIB
Masjid Agung Banten khas dengan Menara mirip mercusuar
Masjid Agung Banten khas dengan Menara mirip mercusuar /Dokumen duniamasjid.islamic-center.or.id./

KARANGANYARNEWS - Penyebaran agama Islam di tanah air, tak lepas dari keberadaan masjid-masjid di Pulau Jawa yang ikut andil memperkenalkan ajaran Islam.

Beberapa masjid di Pulau Jawa itu memiliki pengaruh besar, saat melakukan penyebaran, dengan budaya dan cara yang berbeda.

Mungkin masjid-masjid itu salah satunya ada di kampung halamanmu, sehingga kamu pernah melakukan sholat lima waktu disitu, atau berada di tempat tujuan wisatamu, saat kamu menghabiskan libur lebaran.

Ya, masjid bersejarah di negeri ini sebenarnya ada banyak, namun sebagian kecil berada di Kota Solo, Banten, Kudus, Demak serta Surabaya, yang memiliki perkembangan sangat pesat dalam penyebaran agama Islam.

Dalam perkembangannya, masjid-masjid ini tak hanya menjadi pusat penyebaran agama, tetapi juga telah menjadi icon kota, tempat wisata religi serta banyak dipilih menjadi wisata edukasi bagi para wisatawan dari berbagai daerah, bahkan mancanegara.

Inilah 6 masjid di Pulau Jawa yang memiliki andil besar dalam sejarah perkembangan Islam, dilansir dari visitjawatengah.jatengprov.go.id, dan duniamasjid.islamic-center.or.id.

1. Masjid Agung Demak

Masjid yang dibangun oleh Raden Patah dengan bantuan Wali Sanga ini, memperkenalkan Islam secara damai, tanpa meninggalkan budaya lama, sehingga akulturasi Islam dan Hindu terlihat pada masjid ini.

2. Masjid Gedhe Mataram Kotagede

Merupakan masjid tertua di Yogyakarta, didirikan pada zaman Kerajaan Mataram, pada masa Sutan Agung ini dibangun bersama-sama masyarakat setempat, yang umumnya memeluk agama Hindu dan Budha.

3. Masjid Menara Kudus

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x