Inilah Wasiat Terakir Syafii Maarif Teruntuk Haedar Nashir

- 27 Mei 2022, 19:51 WIB
Buya Syafii Maarif, mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah pada 2000-2005
Buya Syafii Maarif, mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah pada 2000-2005 /Foto tangkapan Whatshap/

KARANGANYARNEWS - Sebelum menghembuskan nafas terakir Syafii Maarif sempat menyampaikan wasiatnya kepada Haedar Nashir.

Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir mengatakan, dirinya berada di samping Syafii Maarif saat mengembuskan napas terakhir.

Dia menceritakan, saat itu sebenarnya dalam perjalanan menuju Bandung, Jawa Barat. Namun dalam perjalanan, Haedar Nashir mendapatkan telepon dari Direktur PKU Muhammadiyah Gamping, memberitahu kondisi Buya Syafii Maarif, sapaan akrab Ahmad Syafii Maarif, kritis.

Baca Juga: Memberi Penghormatan Terakir, Jokowi; Syafii Maarif Guru Keteladanan Bangsa

Mendengar kabar tersebut, sebagaimana dilansir KaranganyarNews.com dari muhammadiyah.or.id, Haedar kembali menuju ke Yogyakarta dan langsung ke RS PKU Muhammadiyah Gamping.

“Sempat sekitar setengah jam menemani beliau sampai beliau dipanggil Allah,” terang Haedar Nashir Jumat, 27 Juli 2033. Menurut dia, Syafii Maarif selama hampir sebulan ini dirawat di RS PKU Muhammadiyah Gamping. Sempat kembali ke rumah, Syafii Maarif masuk ke rumah sakit lagi dua pekan lalu.

“Jumat lalu saya juga sempat menemani di sini, semalam sebenarnya beliau ya masih baik tetapi kondisi pernapasannya terkait jantung lalu ditangani oleh dokter. Tadi pagi sekitar jam setengah tujuh masih bisa berkomunikasi, sarapan pagi seperlunya tapi sekitar setengah delapan beliau kritis sampai jam 10.15,” katanya. 

Baca Juga: Syafii Maarif Meninggal, Romo Santo Sebut Buya Sosok Pendamai saat Gereja Diserang

Penanganan yang dilakukan oleh dokter, lanjut Haedar, sudah maksimal. Bahkan berkoordinasi dengan tim dokter Kepresidenan atas instruksi Presiden RI, dan dipandang bahwa penanganan di RS PKU Muhammadiyah Gamping sangat lengkap dan mencukupi.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x