Reshuffle Kabinet: Alasan Jokowi Tunjuk Zulkifli Hasan dan Hadi Tjahjanto Jadi Menteri

- 15 Juni 2022, 17:05 WIB
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memberikan ucapan selamat usai melantik menteri dan wamen sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024, di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 15 Juni 2022. (Foto: Humas Setkab/Rahmat)
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memberikan ucapan selamat usai melantik menteri dan wamen sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024, di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 15 Juni 2022. (Foto: Humas Setkab/Rahmat) /

KARANGANYARNEWS - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan (Mendag) dan Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), Rabu, 15 Juni 2022. Zulkifli Hasan menggantikan pendahulunya Muhammad Lutfi, sedangkan Hadi Tjahjanto menggantikan Sofyan Djalil.

Presiden Jokowi mengungkapkan penunjukan kedua menteri itu didasari sejumlah aspek, di antaranya rekam jejak, pengalaman, hingga keterampilan manajerial untuk dapat melihat dan menyelesaikan persoalan secara detail.

“Sekarang memang bukan hanya makro saja, tapi mikronya juga harus secara detail dikerjakan. Saya melihat Pak Zul dengan pengalaman, dengan track record, rekam jejak yang panjang, saya kira akan sangat bagus untuk menteri perdagangan,” kata presiden mengungkapkan alasannya menunjuk Zulkifli Hasan jadi Mendag, dilansir dari laman resmi Sekretariat Kabinet RI, setkab.go.id.

Baca Juga: Kocak! Penginnya Belasungkawa Eril, Ibu Ini Malah Bilang Selamat Idulfitri ke Ridwan Kamil

Pihaknya pun menekankan salah satu tantangan krusial di bidang perdagangan adalah pemenuhan kebutuhan pokok atau pangan bagi masyarakat.

Dalam menyelesaikan tantangan itu dibutuhkan sosok yang memiliki pengalaman lapangan untuk melihat langsung dan menyelesaikan persoalan.

“Kalau urusan ekspor, saya kira juga menjadi urusan Menteri Perdagangan ya, tapi yang lebih penting adalah urusan kebutuhan pokok di dalam negeri harus bisa kita jaga,” ujarnya.

Sementara itu, terkait penunjukan Hadi Tjahjanto sebagai Menteri ATR/Kepala BPN, Jokowi meyakini mantan Panglima TNI itu memiliki penguasaan terhadap teritori Indonesia.

Baca Juga: Hasil Indonesia Vs Nepal: Garuda Menggila, Shin Taeyong: Kita akan Main di Piala Asia 2023!

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: setkab.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x