11 Ucapan Selamat Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2023: Bijak, Penuh Makna dan Motivasi

- 2 Mei 2023, 11:49 WIB
11 ucapan selamat Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2023, bijak, penuh makna dan motivasi untuk dikirimkan kepada guru, teman, dosen, atau pun rekan kerja. (Foto ilustrasi: Pixabay/RamadhanNotonegoro).
11 ucapan selamat Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2023, bijak, penuh makna dan motivasi untuk dikirimkan kepada guru, teman, dosen, atau pun rekan kerja. (Foto ilustrasi: Pixabay/RamadhanNotonegoro). /

KARANGANYARNEWS - 11 Ucapan Selamat Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2023, Bijak, Penuh Makna dan MotivasiIng Ngarso Sung Tulodho (menjadi guru harus bisa menjadi teladan, baik pada murid atau orang sekitar). Ing Madyo Mangun Karso (menjadi guru harus bisa membangkitkan semangat para murid). Tut Wuri Handayani (menjadi guru harus bisa menjadi energi, memberi dorongan moral, dan kekuatan).

Itulah tiga semboyan Ki Hajar Dewantara untuk dunia pendidikan. Berkat kiprahnya, 2 Mei ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) sesuai hari kelahiran tokoh bangsa itu, 2 Mei 1889.

Ki Hajar Dewantara yang terlahir dengan nama Raden Mas Soewardi Soerjaningrat merintis cita-cita untuk memajukan kaum pribumi setelah bersekolah di Europeesche Akta yang nantinya menjadi pijakan mendirikan lembaga pendidikan.

Baca Juga: Sejarah Hari Pendidikan Nasional 2 Mei: Mengenang Kiprah dan Perjuangan Ki Hajar Dewantara

Setibanya kembali dari pengasingan 1919, Soewardi muda pada 3 Juli 1922 kemudian mendirikan Perguruan Nasional Taman Siswa pada usianya ke-40 tahun.

Dia kemudian mengubah namanya menjadi Ki Hajar Dewantara dan tidak menggunakan gelar di depan namanya agar lebih dekat dengan rakyat.

Ki Hajar Dewantara juga tercatat menjadi Menteri Pengajaran Indonesia (atau Menteri Pendidikan Pengajaran dan Kebudayaan). Tokoh bangsa yang lahir di Pakualaman Yogyakarta pada 2 Mei 1889, putra dari GPH Soerjaningrat dan cucu dari Pakualam III ini meninggal dunia pada 26 April 1959.

Baca Juga: Daftar 51 Lagu TikTok Populer dan Viral Paling Enak buat Backsound Video 2023

Selang tujuh bulan kemudian, tepatnya 28 November 1959, Ki Hajar Dewantara dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional kedua.

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x