80 Kali Lebih Letusan Dahsyat sejak tahun 1006 , Sederet Misteri Dibalik Erupsi Gunung Merapi

- 13 Desember 2023, 14:35 WIB
Erupsi Gunung Merapi, sejak tahun 1006 hingga saat ini  tak kurang terjadi 80 kali letusan dahsyat. Berikut sederet misteri dibalik erupsi Gunung Merapi
Erupsi Gunung Merapi, sejak tahun 1006 hingga saat ini tak kurang terjadi 80 kali letusan dahsyat. Berikut sederet misteri dibalik erupsi Gunung Merapi /Foto: Instagram @putrikkh/

KARANGANYARNEWS - Gunung Merapi yang puncaknya berketinggian 2.930 meter dari permukaan laut (Mdpl), menurut catatan modern, mengalami erupsi setiap dua sampai lima tahun sekali. Terhitung sejak tahun 1006 hingga saat ini,  telah  terjadi letusan dahsyat 80 kali. Berikut sederet misteri dibalik erupsi Gunung Merapi.

 

Gunung Merapi yang berada di perbatasn Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ini, selain diidentikkan sebagai gunung api teraktif di Indonesia, Gunung Merapi yang dikelilingi permukiman padat,  juga sangat tinggi potensi kebencanaanya.

Di lereng berbagai sudut Gunung Merapi, terdapat permukiman sampai ketinggian 1.700 meter yang hanya berjarak sekitar 4 Km  dari puncak Gunung Merapi.

 Baca Juga: 13 Desa di Magelang dan Boyolali hujan abu vulkanik Erupsi Gunung Merapi

Rinciannya meliputi wilayah Kabupaten Magelang, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Klaten (ketiganya di Provinsi Jawa Tengah) dan sebagian wilayah di DIY.

Data yang dilansir KaranganyarNews.com dari berbagai sumber menyebutkan, Permukiman di lereng Gunung Merapi yang masuk wilayah Privinsi Jawa Tengah dan DIY tadi, berjarak kurang dari 30 km dari puncak maghma Gunung Merapi.

28 Letusan Dahsyat

 

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x