13 Desa di Magelang dan Boyolali hujan abu vulkanik Erupsi Gunung Merapi

- 10 Desember 2023, 10:35 WIB
13 desa di Kabupaten Magelang dan Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah, diguyur hujan abu material erupsi Gunung Merapi
13 desa di Kabupaten Magelang dan Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah, diguyur hujan abu material erupsi Gunung Merapi /Antara Foto/

KARANGANYARNEWS - Tercatat 13 desa di Kabupaten Magelang dan Kabupaten Boyolali, keduanya di Provinsi Jawa Tengah, diguyur hujan abu vulkanik material erupsi Gunung Merapi. Hujan abu cukup pekat yang mengguyur dua wilayah kabupaten di provensi Jawa Tengah tersebut, setelah terjadinya erupsi Gunung Merapi, Jumat 08 Desember 2023.

 

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) mencatat, Jumat 08 Desember 2023 terjadi 7 kali erupsi Gunung Merapi.

Dijelaskan  Awan Panas Guguran (APG) atau erupsi Gunung Merapi berjarak luncur hingga  3.500 meter ke arah barat daya atau ke arah Kali Krasak dengan arah angin ke utara.

Baca Juga: 7 Kali Erupsi Sehari: Tim BPBD Turunkan Tim Tanggap Darurat Bencana Gunung Merapi

Di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, hujan abu vulkanik dari awan panas erupsi Gunung Merapi mengguyur 10 desa di Kecamatan Dukun dan Sawangan.

Sedangkan di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, hujan abu vulkanik dari awan panas erupsi Gunung Merapi mengguyur tiga desa yang keseluruhannya berada di wilayah Kecamatan Selo.

BPBD Siapkan Kebutuhan Logistik

 

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah