Kabar Gembira! Solo Resmi jadi Tuan Rumah Kualifikasi Piala Asia AFC U23 2024

- 4 Juni 2023, 22:30 WIB
Kota Solo resmi ditunjuk jadi tuan rumah babak kualifikasi Piala Asia AFC U23 2024 Grup K pada September 2023 mendatang. (Foto: Dok. Istimewa)
Kota Solo resmi ditunjuk jadi tuan rumah babak kualifikasi Piala Asia AFC U23 2024 Grup K pada September 2023 mendatang. (Foto: Dok. Istimewa) /

KARANGANYARNEWS - Kota Solo resmi ditunjuk menjadi tuan rumah babak kualifikasi Piala Asia AFC U23 2024 Grup K pada September 2023 mendatang. Hal ini disampaikan langsung Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir saat meninjau fasilitas Stadion Manahan, Minggu, 4 Juni 2023. 

Stadion kebanggaan masyarakat Kota Soloberkapasitas 20 ribu penonton itu akan menjadi tempat berlangsungnya pertandingan Tim Nasional (Timnas) Indonesia U23 dalam gelaran kualifikasi Piala Asia AFC U23 2024.

 
Erick Thohir mengungkapkan, dirinya telah berkomunikasi dengan FIFA dan AFC guna mempertimbangkan Stadion Manahan sebagai salah satu tempat berlangsungnya kualifikasi Piala Asia AFC U23 2024. 
 
 
"Kami berkomunikasi dengan FIFA dan AFC untuk mempertimbangkan fasilitas (Stadion Manahan) ini dapat digunakan untuk salah satu babak penyisihan yang ada sebelas grup. Salah satunya untuk kejuaraan AFC U23, yaitu di mana kita sebagai tuan rumah," kata dia.
 
Kualifikasi Piala Asia U23 2024 akan berlangsung pada 4 hingga 12 September 2023.
 
Selain Timnas Indonesia U-23, sepuluh tim lainnya ditunjuk AFC sebagai penyelenggara kualifikasi Piala Asia U-23 2024, yakni Bahrain, China, Yordania, Korea Selatan, Kuwait, Arab Saudi, Tajikistan, Thailand, Uzbekistan, dan Vietnam.
 
Selain Timnas U23 sebagai tuan rumah, ada pula tim Nasional China Taipei alias Taiwan dan Turkmenistan. 
 
Adapun guna memastikan kesiapan tuan rumah, PSSI juga akan melihat fasilitas sejumlah hotel yang akan diajak kerja sama.
 
 
Erick Thohir juga masih menunggu hotel mana saja yang akan diajak kerja sama dengan PSSI dan AFC untuk menginap tim tamu. 
 
Sementara dari hasil pengecekan fasilitas stadion, ada beberapa fasilitas yang sebelum renovasi belum lengkap dan menjadi selengkap sekarang.
 
"Sudah ada fasilitas buat media yang luar biasa, tadi sekalian pengecekan ruangan," katanya lagi.
 
Kota Solo dipilih sebagai salah satu tuan rumah lantaran memiliki fasilitas memadai, baik dari sisi infrastruktur, bandara, penginapan hingga stadion.
 
"Memang nanti tim tamu mendaratnya tetap di Jakarta. Nanti kita akan ada charter flight atau diterbangkan ke Solo. Kita meyakinkan AFC, kita bisa dan ini sesuai dengan standar FIFA. Tadi sebelum press conference, saya ngecek dulu standar yang belum saya cek waktu dulu saya ke sini," pungkas Erick Thohir. ***

Editor: Andi Penowo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x