Penipuan Minyak Goreng Murah, Begini Modusnya

- 23 Februari 2022, 11:50 WIB
Ilustrasi minyak goreng
Ilustrasi minyak goreng /Pixabay

KARANGANYARNYEWS - Kasus penipuan promo minyak goreng yang ditawarkan melalui media sosial terkuak. Pelaku diketahui seorang perempuan bernama lengkap Dea Aulia (39).

Pelaku telah diringkus dan dijebloskan ke dalam sel tahanan Polres Metro Jakarta Utara.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan menerangkan, para korban dari aksi penipuan ini mengalami kerugian dengan total hingga Rp1,8 miliar.

"Dua korban sudah diperiksa dan yang memenuhi unsur penipuan atau penggelapan oleh tersangka ini total kerugiannya Rp530 juta. Sementara sembilan korban lain masih dilakukan pemeriksaan, jadi kalau ditotal bisa Rp1,8 miliar," ujar Zulpan, Rabu 23 Februari 2022.

Baca Juga: Keterlaluan, Di Saat Masyarakat Kesulitan Cari Minyak Goreng, Orang Ini Justru Bikin Minyak Goreng Palsu

Lebih lanjut Zulpan menerangkan, tersangka menawarkan minyak goreng murah tersebut melalui media sosial dengan sistem pembelian secara online.

Tawaran itu membuat masyarakat khususnya ibu-ibu tertarik dan kalut sehingga memutuskan membeli dalam jumlah banyak.

"Pelaku menawarkan di media sosial dengan harga yang miring yaitu Rp170 ribu untuk satu dus isi 6 minyak goreng ukuran 2 kilogram. Padahal harga di pasaran Rp270 ribu," ujar Zulpan sebagaimana dilansir KaranganyarNews dari PMJNEWS.

"Itu yang membuat orang lain tertarik, pelaku kemudian meminta calon pembeli mentransfer sejumlah uang dan berjanji mengirimkan barang dalam waktu 8 hari. Namun, barang tersebut tidak kunjung dikirim," jelas Zulpan.

Halaman:

Editor: Abednago Afriadi

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x