Kue Kukisnya Enak Bikin seperti Melayang, Ternyata Mengandung Narkoba

- 6 April 2022, 19:42 WIB
Ilustarasi penangkapan siswa SMP saat hendak tauran di Cakung.
Ilustarasi penangkapan siswa SMP saat hendak tauran di Cakung. /(Foto ilustrasi: Pixabay)

KARANGANYARNEWS - Peredaran narkoba dengan modus kue kukis diungkap Satuan Reserse Narkoba Polresta Denpasar. Dari hasil penggeledahan, kue narkoba itu dibuat oleh Emanuel Chaesar Bagaskara.

Adapun kandungan narkoba di dalam kue narkoba itu merupakan narkoba jenis baru, yakni 4en-pentyl MDA-19 dan ADB-FUBIATA.

"Tersangka merupakan residivis tahun 2018. Dari tersangka ditemukan dua serbuk, yaitu berwarna kuning dan krem yang ada kandungan narkoba golongan I," kata Kapolresta Denpasar, AKBP Bambang Yugo Pamungkas saat konferensi pers di lokasi penggeledahan, Rabu 6 April 2022.

Baca Juga: Lumer dan Legit, Ini Resep Kue Nastar Coklat Pelangi

Yugo mengatakan, dari keterangan tersangka memproduksi ini karena disuruh oleh seseorang bernama Dimas yang masih dalam penyelidikan untuk membuat kue mengandung narkotika tersebut.

Produksi ini menjadi kali kedua bagi tersangka, yang dimulai pada awal Maret 2022 sejumlah 100 buah. Lalu, kue tersebut dikirim oleh tersangka 80 buah melalui jasa pengiriman dan 20 untuk dikonsumsi sendiri oleh tersangka.

"Semua bahan-bahan yang digunakan tersangka membuat model kue kukis berisi narkoba diduga kiriman luar negeri. Penjualan narkoba dengan kukis ini memang yang pertama kali ditemukan di Denpasar, Bali. Setelah konsumsi itu juga rasa kayak melayang (ngefly)," tutur Yugo seperti yang dilansir KaranganyarNews dari AntaraNews.

Baca Juga: Kue Nastar Lembut Bikin Lidah Bertekuk Lutut, Begini cara Membuatnya

Lebih lanjut Yugo mengatakan, kue kukis diproduksi dengan bahan membuat kue pada umumnya, mulai dari adonan hingga menggunakan cetakan kue. Ada dua serbuk yang dimiliki tersangka untuk membuat kue, berwarna kuning dan krem.
 
Sementara itu Kanit Narkoba Laboratorium Forensik Denpasar, Kompol Imam Mahmudi mengatakan pertama untuk serbuk warna kuning dari hasil pengujian menggunakan Fourier Transform Infra Red (FTIR) memperlihatkan memiliki kandungan Organic Compund.

Lalu diuji dengan Gas Cromatography and Mass Spectroscopy (GCMS) hasilnya memiliki kandungan 4en-pentyl MDA-19 dan kandungan lain minor.

Baca Juga: Maknyus! Ini Resep Kue Kering Putri Salju Oreo

Selanjutnya, untuk serbuk warna krem juga menggunakan FTIR hasilnya mengandung Organic Compound lalu dengan GCMS hasilnya memiliki kandungan ADB-FUBIATA dan kandungan lain minor.

Halaman:

Editor: Abednago Afriadi

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x