Kakanwil Kemenag Jateng; Menangkan Peradaban dengan Spirit Agama

- 18 Juni 2022, 03:34 WIB
Pertemuan Ketua FKUB Provinsi Jateng KH Taslim Sahlan dan Pengurus FKUB Kabupaten Klaten, dengan Kakanwil Kemenag Jateng, Mustain Ahmad di Donohudan, Boyolali, Jumat 17 Juni 2022
Pertemuan Ketua FKUB Provinsi Jateng KH Taslim Sahlan dan Pengurus FKUB Kabupaten Klaten, dengan Kakanwil Kemenag Jateng, Mustain Ahmad di Donohudan, Boyolali, Jumat 17 Juni 2022 /Dok Moch Isnaeni/

KARANGANYARNEWS - Wujud nyata menyatukan keragaman beragama, bukan saja sebagai wacana yang digaungkan dalam forum-forum dialog tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Implementasinya di masyarakat perlu  diwujudkan, upaya-upaya merawat kerukunan antar umat beragama menjadi tugas bersama dan gerakan secara masif bisa berjalan di masyarakat.

Demikian disampaikan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Jawa Tengah, Mustain Ahmad seusai bertemu Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Propinsi Jawa Tengah KH Taslim Sahlan dan Pengurus FKUB Kabupaten Klaten, di Donohudan, Boyolali Jumat, 17 Juni 2022.

Baca Juga: Pembentuak PKUB Sebagai Ikhtiar Merawat Kerukunan Umat Beragama

Gerakan yang secara masif harus ditumbuhkan di masyarakat, menurut  Mustain  Ahmad dimaksud untuk menciptakan kondisi aman, kondusif, dan penuh  kerukunan di masyarakat.

“Dengan spirit agama kita akan memenangkan peradaban. Salah satunya, dengan pembentukan Paguyuban Kerukunan Umat Beragama (PKUB) hingga tingkat kecamatan dan desa/ kelurahan yang secara serentak telah terbentuk di Kabupaten Klaten,” katanya.

Dikatakan, FKUB Kabupaten Klaten bersama pemerintah setempat telah menginisiasi terbentuknya PKUB tingkat kecamatan dan desa/ kelurahan, sebagai sarana  para tokoh agama dan tokoh masyarakat merawat kerukunan antar umat beragama.

Baca Juga: Bentuk PKUB Seluruh Desa dan Kecamatan, FKUB Klaten Jadi Rujukan Berbagai Daerah

Terbentuknya PKUB hingga tingkat kecamatan dan desa/ kelurahan di Kabupaten Klaten, sejalan dengan diperingatinya Hari Toleransi Internasional atau International Day of Tolerance, setiap tanggal 16 Nopember.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x