Bentuk PKUB Seluruh Desa dan Kecamatan, FKUB Klaten Jadi Rujukan Berbagai Daerah

- 25 April 2022, 00:56 WIB
Buka bersama dan sarasehan “Pentingnya Moderasi Beragama Untuk Menangkal Phobia Agama Tertentu Dalam Kehidupan Bermasyarakat Berbangsa dan Bernegara” FKUB Kabupaten Klaten
Buka bersama dan sarasehan “Pentingnya Moderasi Beragama Untuk Menangkal Phobia Agama Tertentu Dalam Kehidupan Bermasyarakat Berbangsa dan Bernegara” FKUB Kabupaten Klaten /Dok Moch. Isnaeni/

KARANGANYARNEWS - FKUB Klaten menjadi pusat perhatian dan tempat studi banding dari berbagai daerah, mereka ingin mengetahui lebih jauh terkait telah dibentuknya PKUB di seluruh kecamatan desa/ kelurahan se Kabupaten Klaten.

Paguyuban Kerukunan Umat Beragama  (PKUB) yang telah dibentuk Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Klaten, terdiri 26 kecamatan dan 401 desa/ kelurahan.

Demikian disampaikan Wakil Bupati Klaten, H. Yoga Hardaya dalam acara sarasehan dan buka puasa bersama dengan para tokoh  lintas  agama yang tergabung dalam FKUB Klaten, di Kafe  Keneway Macanan, Karanganom, Klaten Utara, Sabtu  23 April 2022.

Baca Juga: Buka Bersama FKUB; Kehidupan Beragama di Klaten Penuh Toleran

“Kegiatan tersebut selain dihadiri seluruh pengurus FKUB Klaten, juga dihadiri  dari Kantor Kementerian Agama ( Kemenag )  Klaten, Kabag Kesra  dan Kepala Kantor Kesbangpol Pemkab Klaten  serta ibu-ibu pengurus FKUB Klaten,” kata Ketua FKUB Klaten Syamsuddin Asyrofi.

Kiai Syamsuddin Asyrofi juga menjelaskan, kehidupan umat beragama di wilayah  Kabupaten Klaten saat ini  sangat kondusif, hidup rukun, saling pengertian dan penuh  toleransi.

Menurutnya, kebersamaan dalam berbuka puasa dengan tokoh dari berbagai latar belakang agama tersebut, memiliki tujuan untuk menghilangkan stereotipe yang muncul karena tidak saling memahami  karakteristik masing-masing agama.

Baca Juga: Silaturahmi FKUB dengan Forkompinda, Bahas Persiapan Ramadhan, Petasan, Capjikia, hingga Adu Jago

“Pertemuan ini hanyalah sebagian kecil dari apa yang bisa dilakukan untuk menjalin hubungan harmonis antara umat beragama di Klaten, karena  masih banyak ruang diskusi dan pertemuan lain dengan  tokoh lintas agama, yang menjadi agenda besar FKUB,” kata dia.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x