Bersabarlah, Sebagaimana Kepala Dibadan Kita

- 24 April 2022, 22:16 WIB
Ustadz Drs. H. Moch Isnaeni, M.Pd.
Ustadz Drs. H. Moch Isnaeni, M.Pd. /dok pribadi/

Ngaji Bareng |.| Ustadz Drs. H. Moch Isnaeni, M.Pd.

ADA pesan Sayyidina Ali bin Abi Thalib ra yang masih selalu diingat, sebagaimana  diceritakan almarhumah kepada penulis sewaktu duduk di Sekolah Menengah.

Pesan tersebut terkait kesabaran atas bala’ dan kesulitan, karena pada dasarnya setiap manusia tidak lepas dari ujian berupa kesulitan dan bala’ dalam perjalanan hidupnya.

“Ingatlah 5 perkara dariku, ingatlah dua. Dua dan satu, yaitu; Ingatlah, seseorang tidak boleh takut kecuali pada dosanya, tidak boleh mengharap kecuali pada Tuhannya”.

Baca Juga: Inilah Keutamaan Waktu Pagi, Menurut Rasulullah dan Sahabatnya

“Jika belajar tidak boleh malu seandainya belum tahu, tidak boleh malu menyatakan; ‘Aku tidak mengerti’, ketika ditanya suatu masalah yang belum tahu, dan ketahuilah bahwa;

Sabar dalam menghadapi segala urusan, seperti kepala dibadan, lalu jika kepala lepas dari badannya, rusaklah badan tersebut, demikian pula jika sabar lepas dari suatu urusan, lalu rusaklah urusan (keadaan) itu.”

Kemudian katanya; “Maukah kalian kutunjukkan orang Faqih? Jawab mereka;  Baiklah ya Amirul Mukminin. Lalu katanya pula ; Faqih yaitu: Orang yang tidak mematahkan semangat (harapan) orang lain, dari rahmat Allah dan tidak membela orang bersalah”.

Baca Juga: Catat dan Lakukan Syariatnya, Inilah Keutamaan Waktu Pagi

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x