Keutamaan Memaafkan Menurut Syariat Islam

- 23 April 2022, 14:35 WIB
Ustadz Drs. H. Moch Isnaeni, M.Pd.
Ustadz Drs. H. Moch Isnaeni, M.Pd. /dok pribadi/

Ngaji Bareng |.| Ustadz Drs. H. Moch Isnaeni, M.Pd.

BALASLAH kejahatan orang lain dengan kebaikan, niscaya lebih dapat menenangkan hati dan mendatangkan pahala teruntuk kita.

Dalam memenuhi hajat hidup, setiap manusia pasti memerlukan manusia lainnya. Tak jarang juga, dalam interaksi ada perilaku yang menyakiti perasaan maupun berbuat salah.

Tidak perlu mendendam dan berniat membalas kejahatan orang lain, membalas kejahatan termasuk tindakan sia-sia yang harus ditinggalkan. Karena bagaimana pun juga membalas dendam, akan mendatangkan dosa.

Baca Juga: 10 Hamba yang Dicintai Allah; Apakah Kita Diantaranya?

Balaslah kejahatan orang lain dengan kebaikan, niscaya hal tersebut bisa lebih menenangkan hati dan lebih mendatangkan pahala bagi orang yang melakukannya.

Sebagaimana hadist yang diriwayatkan oleh HR Muslim, terkait perilaku di atas; Rasulullah SAW bersabda, “Tidaklah seseorang memaafkan kecuali Allah akan menambah kemuliaannya.” (HR Muslim no 2588).”

Hadist tersebut menjelaskan, orang yang memaafkan akan dimuliakan oleh Allah SWT. Sedangkan penyampaian lengkap dari hadist tersebut bisa disimak sebagai berikut;

Baca Juga: 6 Karomah Mbah Moen, Bertemu Nabi Khidir Sampai Terima Pesan Rasulullah

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah