Jadwal serta Harga Tiket Festival Balon Udara dan Ruwat Cukur Gembel di Wonosobo Bulan Ini

- 10 Agustus 2023, 23:09 WIB
Jadwal serta harga tiket Festival Balon Udara dan Ruwat Cukur Gembel di Wonosobo bulan ini. Java Balloon Attraction 2023 bakal digelar tahun ini di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. (Foto ilustrasi: Pixabay/StockSnap)
Jadwal serta harga tiket Festival Balon Udara dan Ruwat Cukur Gembel di Wonosobo bulan ini. Java Balloon Attraction 2023 bakal digelar tahun ini di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. (Foto ilustrasi: Pixabay/StockSnap) /
KARANGANYARNEWS Jadwal serta Harga Tiket Festival Balon Udara dan Ruwat Cukur Gembel di Wonosobo Bulan Ini. Festival Balon Udara atau Java Balloon Attraction 2023 bakal digelar tahun ini di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Wonosobo sudah merilis jadwal penyelenggaraan Java Balloon Attraction 2023.

Kegiatan ini akan berlangsung di Taman Rekreasi Kalianget pada 27 Agustus 2023 mendatang. 
 
Java Ballon Attraction merupakan tradisi balon udara tradisional berukuran besar dengan motif beragam dan warna-warni.
 
 
Balon-balon itu nantinya diterbangkan secara bergantian atau bersamaan.
 
Dikutip dari akun Instagram Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar) Wonosobo @disparbudwonosobo, Java Balloon Attraction 2023 nantinya digelar selama tujuh jam mulai pukul 06.00 WIB hingga 13.00 WIB. 
 
Wisatawan ingin melihat Java Balloon Attraction dapat membayar biaya tiket masuk seharga Rp2000 per orang.
 
Adapun biaya untuk VIP mulai Rp400 ribu dengan keuntungan seperti bisa mendekati balon udara dan mendapat tempat terbaik untuk melihat penerbangannya.
 
 
Kepala Disparbud Kabupaten Wonosobo, Agus Wibowo, mengatakan tahun ini Java Balloon Attraction 2023 mengadakan beberapa rangkaian acara di dalamnya. Salah satunya atraksi budaya 'ruwat cukur rambut gembel'.
 
Khusus bagi masyarakat yang ingin mendaftar sebagai peserta ruwat cukur rambut gembel, pendaftaran sudah dibuka sejak 7 hingga 18 Agustus mendatang.
 
Sekadar informasi, ruwatan rambut gimbal adalah upacara pemotongan (cukur) rambut pada anak-anak berambut gimbal (gembel), dilakukan masyarakat di daerah Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah.
 
 
Ruwatan rambut gimbal ini merupakan tadisi turun-temurun masyarakat Dataran Tinggi Dieng untuk anak yang memiliki rambut gimbal secara alami. Ruwatan ini dipercaya akan memberikan keselamatan pada sang anak. 
 
Acara Java Balloon Attraction 2023 nantinya juga disemarakkan dengan bazar usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), pentas kesenian wisata akhir pekan, dan aneka kuliner. ***

Editor: Andi Penowo

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x