Kalimati di Sukoharjo, Misteri Nikahi Kuntilanak dan Mati Geret Telu

- 20 Januari 2022, 16:56 WIB
Kalimati, bekas anak sungai aliran Bengawan Solo di Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo yang diyakini warga penuh selimut mitos misteri mistis
Kalimati, bekas anak sungai aliran Bengawan Solo di Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo yang diyakini warga penuh selimut mitos misteri mistis /Tangkapan Instagram/

KARANGANYARNEWS - Tak hanya kisah kakek sakti nikahi peri, kuntilanak dan sundel bolong. Kalimati juga masih diyakini menebarkan balak pati geret telu.

Awalnya Kalimati yang berada di Desa Telukan, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, ini merupakan anak sungai legendaris Bengawan Solo.

Karena terdampak pembangunan pelurusan Daerah Aliran Sungai (DAS) Bengawan Solo di era Orde Baru, aliran sungai ini terputus dan menjadi rawa genangan air memanjang, dipenuhi enceng gondok serta tanaman liar lainnya.

Baca Juga: Kisahnya Viral Medsos; Inilah Jeritan Hati Penyannyi Cantik Korban Pelecehan dan Penganiayaan

Karena terputusnya anak sungai Bengawan Solo yang melewati tiga desa di Kecamatan Grogol ini pula, masyarakat di Kabupaten Sukoharjo dan sekitarnya menyebutnya Kalimati atau sungai yang terputus.

Tak hanya warga setempat, beberapa hobiis mincing mania yang ditemui di tepian Kalimati juga membenarkan adanya kisah mistis yang hingga sekarang masih menyelimuti Kalimati.

Setidaknya, sebagaimana diceritakan Siswo Miharjo warga Desa Telukan kepada awak media. Dikisahkan, sebelum sungai aliran Bengawan Solo ini dimatikan proyek infrastruktur, di desanya ada seorang kakek yang kesaktiannya di luar logika.

Baca Juga: Ditabrak Pelanggar Lalin Saat Berdinas, Tulang Kepala Polantas Wonogiri Retak

Beberapa ajian yang mustahil dimiliki orang awam, dia kuasai. Diantaranya ajian langkah seribu, membuatnya dapat berlari secepat kilat. Ada juga ajian raga sukma, dan ilmu berkomunikasi dengan makluk tidak kasat mata.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x