HUT Kota Solo ke 277, Gibran : UMKM harus Maju dan lebih Melek Teknologi

- 16 Februari 2022, 15:43 WIB
/

KARANGANYARNEWS-Wali Kota Gibran Rakabuming Raka mengatakan, UMKM harus maju dan lebih melek teknologi agar dapat meningkatkan daya saing usaha, sehingga masyarakat semakin mendukung produk UMKM dan pemulihan ekonomi nasional tercapai.

"Saya mengapresiasi upaya Tokopedia yang konsisten mendukung Pemerintah Kota Surakarta dalam mendorong UMKM untuk memanfaatkan platform digital," kata Gibran Rakabuming, Rabu (16/2/2022).

Memperingati HUT Kota Solo ke 277 pada 17 Februari, pemerintah kota setempat bersama Tokopedia dan mitra strategis lain terus membantu UMKM Solo meningkatkan daya saing bisnis lewat teknologi.

Baca Juga: Rutan Solo akan Direlokasi ke Luar Daerah

Selama kuartal IV/2021, UMKM Solo yang bergabung di kampanye Kumpulan TokoPilihan (KTP) Solo Tokopedia, salah satu turunan inisiatif Hyperlocal, mengalami lonjakan transaksi hingga lebih dari 5 kali lipat, dibandingkan dengan yang belum mengikuti kampanye.

Menurut Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni, kampanye KTP juga mendorong tren belanja online masyarakat.

“Misalnya, kategori rumah tangga, kesehatan, fesyen, elektronik hingga makanan dan minuman menjadi beberapa kategori Tokopedia yang paling laris di Solo sepanjang 2021,” ujarnya.

Baca Juga: Jumlah Investor Pasar Modal di Solo Raya Naik, Nilai Transaksi Fluktuatif

Demi meningkatkan keterampilan usaha UMKM Solo, Tokopedia juga rutin mengadakan kelas maju digital setiap bulan. Di situ, para pelaku UMKM mendapatkan pendampingan dan pembekalan dengan beragam topik, terkait pengembangan usaha dan kompetensi kewirausahaan dari UMKM mentor lainnya.

Halaman:

Editor: Langgeng Widodo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x