Kirab Budaya di Cepogo Boyolali Semarakkan Haul Sayyid Sholeh Yasin, Bentangkan Bendera 165 Meter

- 7 Agustus 2023, 23:08 WIB
Kirab budaya di Cepogo Boyolali semarakkan haul Sayyid Sholeh Yasin, bentangkan bendera 165 meter. Kirab budaya Desa Sukabumi, Kecamatan Cepogo, Boyolali meramaikan Haul Awliya Masyayikh Sayyid Sholeh Yasin, Senin, 7 Agustus 2023. (Foto: Dok. Istimewa)
Kirab budaya di Cepogo Boyolali semarakkan haul Sayyid Sholeh Yasin, bentangkan bendera 165 meter. Kirab budaya Desa Sukabumi, Kecamatan Cepogo, Boyolali meramaikan Haul Awliya Masyayikh Sayyid Sholeh Yasin, Senin, 7 Agustus 2023. (Foto: Dok. Istimewa) /

KARANGANYARNEWS Kirab Budaya di Cepogo Boyolali Semarakkan Haul Sayyid Sholeh Yasin, Bentangkan Bendera 165 Meter. Puluhan peserta kirab budaya Desa Sukabumi, Kecamatan Cepogo, Boyolali meramaikan Haul Awliya Masyayikh Sayyid Sholeh Yasin, Senin, 7 Agustus 2023. Selain Haul Awliya, kirab budaya ini sekaligus untuk menyongsong peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 RI.

Ketua panitia kirab budaya, Suharno, mengatakan acara diikuti seluruh warga Desa Sukabumi. Peserta dari tingkat rukun warga, sekolah tingkat TK, SD, SMP, dan SMA. Kegiatan ini merupakan Haul Masyayikh Sayyid Sholeh Yasin.

Kirab budaya menempuh jarak tiga kilometer, mulai dari lapangan Sukabumi hingga tempat pemakaman Masyayikh Sayyid Sholeh Yasin. Kirab kali ini mengangkat potensi kesenian yang ada di Sukabumi. 
 
 
“Para siswa membentangkan bendera dengan panjang 165 meter dan membawa bendera bertiang sebanyak 17. Maknanya bahwa 17 adalah hari kemerdekaan RI,” ungkap Suharno. 
 
Terkait haul sendiri, perlu diketahui Sayyid Sholeh Yasin adalah seorang habib asal Pekalongan. Ia sempat berjuang bersama Pangeran Diponegoro pada masa perang kemerdekaan.
 
Ulama ini juga dikenal sebagai penyebar agama Islam di wilayah Sukabumi, Cepogo. 
 
“Menurut sejarah ada 14 saudara, namun yang dimakamkan di Sukabumi, Cepogo ini adalah Mbah Sayyid Sholeh Yasin. Ia juga dikenal masyarakat di sini sebagai penyebar agama Islam,” beber Suharno. 
 
 
Kegiatan kirab budaya ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat serta pengembangan potensi desa. 
 
Sementara itu, Camat Cepogo, Dwi Sundarto mengapresisasi kirab budaya diadakan Desa Sukabumi. 
 
Menurutnya, kegiatan ini menggambarkan kerukunan, sekaligus sebagai upaya melestarikan budaya serta bentuk penghormatan kepada Awliya Sayyid Sholeh Yasin, salah satu ulama penyebar agama Islam di wilayah Desa Sukabumi, Kecamatan Cepogo.
 
 
“Ini adalah bukti dalam mengisi kemerdekaan warga sangat antusias juga untuk memperingati haul Awliya Sayyid Sholeh Yasin,” kata Dwi Sundarto.
 
Kegiatan ini juga diharapkan dapat diikuti desa-desa lainnya di Kecamatan Cepogo. 
 
“Rangkaian kegiatan HUT RI dimulai dari Desa Sukabumi nanti akan dilanjutkan dengan desa-desa yang lain di Kecamatan Cepogo,” pungkasnya. ***

Editor: Andi Penowo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x