Mengintip Kavallerie-Artillerie, Markas Prajurit Mangkunegaran di Era Mangkunegara IV

- 14 September 2023, 23:22 WIB
Bangunan Kavallerie-Artillerie menjadi saksi perjalanan Keraton Mangkunegaran dengan kejayaannya. Bangunan ini selesai dibangun saat masa pemerintahan Mangkunegara IV pada 1874. (Foto: Dok. Istimewa/Kurniasari)
Bangunan Kavallerie-Artillerie menjadi saksi perjalanan Keraton Mangkunegaran dengan kejayaannya. Bangunan ini selesai dibangun saat masa pemerintahan Mangkunegara IV pada 1874. (Foto: Dok. Istimewa/Kurniasari) /

KARANGANYARNEWS - Bangunan Kavallerie-Artillerie menjadi saksi perjalanan Keraton Mangkunegaran dengan kejayaannya menjadi kerajaan yang dapat mengatur kekuasaannya sendiri terlepas dari pemerintahan Keraton Kasunanan Surakarta pada waktu itu.

Merangkum berbagai sumber, bangunan ini selesai dibangun saat masa pemerintahan Mangkunegara IV pada 1874.

Keterlepasannya dalam mengurus pemerintahan dari Keraton Kasunanan Surakarta, membuat kerajaan ini dapat memiliki tentara sendiri dalam menjaga keamanan.

Alat-alat persenjataan dan kuda-kuda perang ditempatkan di bangunan Kavallerie-Artillerie. Selain itu, tempat ini juga difungsikan sebagai markas bagi para pasukan.

Baca Juga: Heboh! Warga Berbah Sleman Digemparkan 2 Mayat Bayi Kembar di Bantaran Sungai Buntung

Kendati era sudah berganti, namun bangunan Kavallerie-Artillerie keadaannya masih berdiri kokoh seperti di masa kejayaanya.

Sayangnya, bangunan bersejarah ini tidak dilakukan perawatan dan pembaruan semestinya, sebagaimana bangunan cagar budaya yang seharusnya.

Kendati demikian, bangunan ini tidak kehilangan nuansa kolonial sebagai wujud peradaban di masa itu.

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah