Elon Musk Kembangkan Neuralink, Chip yang Ditanamkan ke Otak Manusia

- 3 Februari 2024, 23:05 WIB
Elon Musk kembangkan neuralink, chip yang ditanamkan ke otak manusia. Chip neuralink adalah perangkat kecil dirancang untuk ditanamkan ke dalam otak manusia. (Foto: Instagram/@elonmusknews)
Elon Musk kembangkan neuralink, chip yang ditanamkan ke otak manusia. Chip neuralink adalah perangkat kecil dirancang untuk ditanamkan ke dalam otak manusia. (Foto: Instagram/@elonmusknews) /

KARANGANYARNEWS - Chip Neuralink adalah perangkat kecil dirancang untuk ditanamkan ke dalam otak manusia. Chip ini berisi ribuan elektroda kecil yang mendeteksi dan merekam aktivitas saraf di otak.

Data ini kemudian dikirimkan ke perangkat eksternal melalui koneksi nirkabel, memungkinkan pengguna mengontrol komputer, telepon seluler (Ponsel) cerdas, dan perangkat lain dengan pikirannya.

Neuralink adalah perusahaan neuroteknologi didirikan Elon Musk pada 2016. Perusahaan ini bertujuan mengembangkan antarmuka otak-komputer (BCI) yang canggih. Chip Neuralink adalah salah satu produknya.

Kendati Elon Musk adalah pendiri dan CEO Neuralink, dia tidak memiliki chip Neuralink secara pribadi.

Baca Juga: Korsel Tembus Semifinal Piala Asia 2023, Singkirkan Australia 2-1

Chip ini masih dalam pengembangan dan belum diluncurkan ke publik. Sejauh ini chip Neuralink baru diuji pada hewan dan beberapa orang dengan penyakit saraf tertentu.

Pada Januari 2024, Neuralink mengumumkan mereka telah berhasil menanamkan chip ke otak manusia untuk kali pertama.

Pasien yang menerima implan adalah seorang wanita berusia 57 tahun yang menjadi lumpuh setelah terkena stroke.

Dilansir dari situs web espace.com tepat pada 25 Mei 2023 lalu, Neuralink mengumumkan telah mendapatkan izin untuk melancarkan uji coba chip mereka pada manusia.

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah