Masuk ADWI 2022, Inilah 9 Fakta Desa Sembungan

- 3 Juli 2022, 21:18 WIB
Ruwatan Rambut Gimbal salah satu tradisi  di Desa Wisata Sembungan
Ruwatan Rambut Gimbal salah satu tradisi di Desa Wisata Sembungan /Dokumentasi : kemenparekraf.go.id/

KARANGANYARNEWS -  Keindahan alam dan budaya yang ditawarkan Desa Wisata Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah sangat fantastis, hingga membuat desa ini terpilih dalam 50 desa wisata terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia atau ADWI 2022.

Berikut 9 fakta tentang desa yang dinobatkan sebagai desa wisata tertinggi di Pulau Jawa, seperti dilansir Siaran Pers Kemenparekraf. 

 1. Panorama Alam 

Baca Juga: Melihat 5 Potensi Pulau Kelapa yang Masuk 100 Desa Wisata

Perjalanan menuju objek wisata di desa ini sungguh mengagumkan, karena wisatawan melihat langsung panorama alam hamparan sawah berundak-undak, berlatar bukit hijau yang dibalut sejuknya udara pegunungan, lantaran desa ini  berada pada ketinggian 2.300 meter di atas permukaan laut atau mdpl. 

2. Puncak Sikunir 

Eksotisme alam juga dapat dilihat pada Puncak Sikunir, yang merupakan salah satu objek wisata Desa Sembungan yang menawarkan keindahan pemandangan matahari terbit atau sunrise, bahkan disebut sunrise terbaik di Asia, namun untuk menikmati sunrise wisatawan dapat mengunjungi pada musim kemarau, karena cuaca cenderung lebih cerah dan tidak berkabut. 

3. Telaga Cebong 

Baca Juga: Melongok Desa Wisata Semen, Inilah 7 Keadaan yang Membuat Masuk ADWI 2022

Ada pemandangan alam lain yang dapat dinikmati disini, yakni Telaga Cebong, karena berbentuk menyerupai cebong atau bayi katak, dimana telaga ini dahulu adalah bekas kawah purba seluas 18 hektar, yang akhirnya tersisa menjadi 12 hektar.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x