Rekomendasi 5 Spot Wisata Hits di Solo yang Estetik dan Instagramable, Cocok buat Liburan Lebaran

- 11 April 2024, 21:00 WIB
Rekomendasi 5 spot wisata hits di Solo yang estetik dan instagramable, cocok buat liburan Lebaran. Solo merupakan tujuan wisata di Jawa Tengah kental dengan kebudayaan Jawa. (Foto: Instagram/@puromangkunegaran)
Rekomendasi 5 spot wisata hits di Solo yang estetik dan instagramable, cocok buat liburan Lebaran. Solo merupakan tujuan wisata di Jawa Tengah kental dengan kebudayaan Jawa. (Foto: Instagram/@puromangkunegaran) /
 
KARANGANYARNEWS – Rekomendasi 5 Spot Wisata Hits di Solo yang Estetik dan Instagramable, Cocok buat Liburan Lebaran. Kota Solo merupakan tujuan wisata di Provinsi Jawa Tengah yang masih kental dengan kebudayaan Jawa.
 
Kekayaan seni dan budaya beraneka ragam menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berkunjung.
 
Apalagi banyak pagelaran dan festival budaya sering digelar pemerintah Kota Solo setiap tahunnya.
 
Berdasarkan sejarahnya, Solo pernah menjadi pusat pemerintahan Kerajaan Mataram.
 
 
Jadi, jangan heran kalau kamu banyak menjumpai destinasi wisata di Kota Bengawan yang berbasis budaya. 
 
Lantas apa saja wisata budaya di Solo ? Yuk, kita simak beberapa destinasi wisata budaya di kampung asal Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang wajib kamu kunjungi.
 
1. Kampung Batik Kauman
 
Destinasi pertama yang wajib kamu kunjungi adalah Kampung Batik Kauman di Jalan Trisula III No.1, Kauman, Kecamatan Pasar Kliwon. Kampung ini menjadi pusat batik tertua di Kota Solo. 
 
 
Keunikan ditawarkan Kauman adalah pengunjung dapat melihat langsung proses pembuatan batik serta belajar membatik dengan mengunjungi rumah industri batik di sekitarnya.
 
Selain itu, kampung batik ini juga memiliki bangunan dan ornamen tua khas Jawa-Belanda yang dapat dijadikan spot foto estetik secara gratis
 
2. Keraton Surakarta Hadiningrat
 
Keraton Surakarta Hadinigrat atau merupakan istana resmi Kasunanan Surakarta terletak di Kota Solo.
 
 
Saat ini Keraton Surakarta Hadiningrat masih menjadi destinasi wisata budaya andalan kota ini.
 
Keraton Kasunanan pernah menjadi pusat Kerajaan Mataram sejak dipindahkan dari Keraton Kartasura pada 1744 silam.
 
Tak heran kompleks Keraton Surakarta Hadiningrat menyimpan berbagai macam peninggalan masa lalu, seperti kereta kencana, pusaka kerajaan, serta berbagai artefak lainnya.
 
 
3. Pura Mangkunegaran
 
Pura Mangkunegaran adalah cagar budaya sebagai peninggalan kekayaan tradisi dan sejarah Nusantara. Bangunan ini memiliki arsitektur khas Jawa klasik dan Eropa. 
 
Pura Mangkunegaran menyimpan beragam koleksi bersejarah dari berbagai daerah, seperti wayang golek, gamelan kuno, hingga koleksi kitab dari zaman Kerajaan Mataram. 
 
Pura Mangkunegaran dikenal sebagai destinasi pariwisata kebudayaan menggabungkan akulturasi budaya tradisional dan modern.
 
 
4. Pasar Klewer
 
Rasanya kurang lengkap jika kamu tak mengunjungi Pasar Klewer saat berada di Kota Solo.
 
Pasar legendaris ini merupakan pusat tekstil terbesar di Jawa Tengah. Pasar Klewer berada di Pagelaran Keraton Jalan Dr Radjiman, Gajahan, Baluwarti. 
 
Pasar tradisional ini menyediakan berbagai jenis kain dan pakaian, mulai dari anak-anak hingga dewasa.
 
Tak heran banyak wisatawan dari luar kota menjadikan Pasar Klewer sebagai tujuan wisata Solo untuk membeli buah tangan ke kota asalnya.
 
 
5. Benteng Vastenburg
 
Benteng Vastenburg merupakan salah satu cagar budaya di Kota Solo terletak di Kelurahan Kedung Lumbu, Kecamatan Pasar Kliwon. Benteng kolonial ini dikelilingi tembok batu bata mencapai enam meter. 
 
Benteng peninggalan Belanda ini dibangun pada 1745 atas perintah Baron Van Imhoff dan digunakan untuk menguasai Kota Solo saat itu. 
 
Daya tarik Benteng Vastenburg terletak pada arsitekturnya yang dapat dijadikan spot foto menarik ketika berkunjung.
 
Selain untuk wisata budaya, benteng ini juga sering digunakan untuk acara-acara besar di Kota Solo, seperti konser, festival, dan kegiatan akbar lainnya. ***

Editor: Andi Penowo

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x