Lawang Sewu, Wisata Sejarah Semarang yang Kaya Cerita nan Instagramable

- 3 Januari 2024, 15:05 WIB
Lawang Sewu, wisata sejarah Semarang yang kaya cerita nan Instagramable. Lawang Sewu, bangunan bersejarah dari masa penjajahan Belanda yang masih berdiri kokoh hingga kini. (Foto: Heritage KAI Indonesia)
Lawang Sewu, wisata sejarah Semarang yang kaya cerita nan Instagramable. Lawang Sewu, bangunan bersejarah dari masa penjajahan Belanda yang masih berdiri kokoh hingga kini. (Foto: Heritage KAI Indonesia) /

KARANGANYARNEWS - Lawang Sewu, Wisata Sejarah Semarang yang Kaya Cerita nan Instagramable. Semarang, kota yang memiliki cerita sejarah dan budaya, menyuguhkan destinasi wisata tak terlupakan.

Salah satunya Lawang Sewu, sebuah bangunan bersejarah dari masa penjajahan Belanda yang masih berdiri kokoh hingga kini.

Tampil dengan arsitektur megah dan cerita panjang di dalamnya, Lawang Sewu menjadi destinasi wajib dikunjungi bagi para pecinta sejarah dan wisatawan yang ingin merasakan atmosfer masa lalu.

Baca Juga: Pasar Klewer, Surganya Wisata Belanja Batik Murah di Kota Solo

Sejarah Lawang Sewu

Lawang Sewu telah berdiri selama lebih dari seratus tahun lalu. Bangunan berada di pusat Kota Semarang, tepatnya di kawasan Tugu Muda, menyimpan sejarah kelam di dalamnya.

Lawang Sewu dulunya dioperasikan sebagai kantor administrasi kereta api Belanda bernama Nederlandsch-indische Spoorweg Maatschappij (NIS) lambat laun berubah menjadi penjara yang digunakan kolonial Belanda untuk menahan para tahanan politik kala itu.

Lawang Sewu juga memiliki ruang bawah tanah yang pada zaman Belanda digunakan sebagai penjara bawah tanah atau bisa disebut penjara jongkok.

Lawang yang berarti pintu dan Sewu berarti Seribu, jadi bisa diartikan bangunan ini memiliki seribu pintu. Kendati demikian, tak seperti namanya, Lawang Sewu hanya memiliki 928 pintu.

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x