Lokananta Spot Wisata Hits Kaya Sejarah, Simpan Rekaman Musik Jadul hingga Pidato Bung Karno

- 6 Desember 2023, 22:35 WIB
Lokananta spot wisata hits kaya sejarah, simpan rekaman musik jadul hingga pidato Bung Karno. Lokananta adalah studio musik tertua di Indonesia. (Foto: Dok. Istimewa/Yesi)
Lokananta spot wisata hits kaya sejarah, simpan rekaman musik jadul hingga pidato Bung Karno. Lokananta adalah studio musik tertua di Indonesia. (Foto: Dok. Istimewa/Yesi) /

KARANGANYARNEWS Lokananta Spot Wisata Hits Kaya Sejarah, Simpan Rekaman Musik Jadul hingga Pidato Bung Karno. Lokananta adalah sebuah studio musik tertua di Indonesia yang didirikan pada 29 Oktober 1956 silam. Tak hanya menjadi yang tertua, Lokananta juga menjadi studio musik terbesar di Indonesia dan masih aktif hingga saat ini.

Melansir laman indonesia.go.id, nama Lokananta diambil dari bahasa Sanskerta yang berarti gamelan dari khayangan bersuara merdu.

Pendiri Lokananta adalah Kepala Jawatan Radio Republik Indonesia (RRI) Raden Maladi bersama Oetojo Soemowidjojo dan Raden Ngabehi Soegoto Soerjodipoero.

Lokasi Lokananta berada di Jalan Ahmad Yani No. 389, Kecamatan Laweyan, Kota Solo, Jawa Tengah.

Baca Juga: Bendung Tirtonadi, Spot Wisata Asyik dan Instagramable bagi Penikmat Senja di Solo

Bangunan Lokananta berdiri di lahan seluas 21.150 meter meter persegi dengan ruang rekaman terluas di Indonesia, yakni 14x31 meter atau hampir dua kali ukuran lapangan bulutangkis.

Di dalam bangunan utama Lokananta, tersimpan 53 ribu koleksi piringan hitam, ditempatkan di dalam rak-rak besi di ruang berpendingin udara yang diatur khusus suhunya.

Lokananta spot wisata hits kaya sejarah, simpan rekaman musik jadul hingga pidato Bung Karno. Lokananta adalah studio musik tertua di Indonesia. (Foto: Dok. Istimewa)
Lokananta spot wisata hits kaya sejarah, simpan rekaman musik jadul hingga pidato Bung Karno. Lokananta adalah studio musik tertua di Indonesia. (Foto: Dok. Istimewa)

Halaman:

Editor: Andi Penowo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah