Jateng Gencarkan Pengentasan Kemiskinan Berbasis Pemberdayaan Perempuan

- 4 November 2021, 16:28 WIB
Wakil Gubernur Jateng, Taj Yasin Maimoen seusai membuka acara pencanangan Desa Sejahtera bagi Perempuan dan Anak (Destara), di Pendopo Kabupaten Pemalang
Wakil Gubernur Jateng, Taj Yasin Maimoen seusai membuka acara pencanangan Desa Sejahtera bagi Perempuan dan Anak (Destara), di Pendopo Kabupaten Pemalang /Humas Pemprov Jateng/

KARANGANYARNEWS - Tiga desa di tiga kabupaten dijadikan sentra pengentasan kemiskinan berbasis pemberdayaan perekonomian perempuan.

Pola yang dikembangkan di tingkat pedesaan ini, telah dilaksanakan di tiga kabupaten provinsi Jateng. Masing-masing di Kabupaten Sragen, Kabupaten Pemalang dan Kabupaten Demak.

Pemprov Jateng terus menggenjot upaya pengentasan warga miskin. Satu di antaranya, dengan memberdayakan perekonomian perempuan, menggandeng Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) dan dinas-dinas terkait melalui pemberian bantuan dan pelatihan keterampilan.

Baca Juga: Sumbang 1.100 Paket Sembako, First Media : Kami ingin Dekat Masyarakat Solo

Pemberdayaan ekonomi perempuan, dilaksanakan dengan memaksimalkan potensi lokal. Desa Bantarbolang, Pemalang  satunya. Pola pengembangan ekonomi perempuan dilakukan dengan memberdayakan, warga membuat sirup rambutan.

Pembuatan sirup rambutan ini, dilatarbelakangi hampir di setiap halaman rumah mereka terdapat tanaman buah rambutan. Jika sedang musim, warga bisa memanen hingga satu kwintal buah rambutan. Ini mengakibatkan harga jual rambutan merosot. 

Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen menyebut, pengentasan warga miskin mutlak dilakukan secara bergotong royong. Tidak hanya pemerintah, namun elemen terkait juga punya tanggungjawab serupa.

Baca Juga: Penerimaan Insentif Pajak Resmi Diperluas, Pajak Apa Saja?

“Pasti nanti ada dampak positif salah satunya untuk menanggulangi kemiskinan," ujar Yasin, seusai membuka acara pencanangan Desa Sejahtera bagi Perempuan dan Anak (Destara), di Pendopo Kabupaten Pemalang, Rabu 03 Nopember 2021.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x