Ini Dia, Stasiun Pengisian Hidrogen Pertama di Indonesia

- 21 Februari 2024, 15:52 WIB
Ini Dia, Stasiun Pengisian Hidrogen Pertama di Indonesia
Ini Dia, Stasiun Pengisian Hidrogen Pertama di Indonesia /Dok.PLN

KARANGANYARNEWS - Nah, ini dia, stasiun pengisian hidrogen atau hydrogen refueling station (HRS) pertama di Indonesia sebagai bahan bakar alternatif ramah lingkungan. Lokasinya di Senayan, Jakarta, yang telah diresmikan oleh PT PLN (Persero), Rabu 21 Februari 2024.

"Kita lihat bahwa perkembangan teknologi transportasi hijau berkembang sangat besar. Salah satunya adalah bagaimana transportasi berbasis pada electric vehicle (EV) berkembang sangat besar dan PLN mendukung transformasi green transportation yang berbasis pada EV end-to-end," ujar Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo saat memberi sambutan dalam peresmian stasiun pengisian hidrogen tersebut.

Ia mengatakan bahwa sebelumnya PLN juga telah mendukung ekosistem kendaraan listrik juga sebagai langkah strategis mendukung program transisi energi.

Baca Juga: Ada Layanan Super Merdeka dari PLN, Apa Saja?

"Kami sudah bangun sistem electric vehicle digital services dari home charging, Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Kemudian bagaimana kita melakukan simulasi kebijakannya, kita mendukung operasionalisasinya, kami mendukung," kata Darmawan.

Namun, lanjut Darmawan, selain penggunaan listrik, ada teknologi yang dikembangkan oleh PLN dalam mendukung transportasi ramah lingkungan, yakni hidrogen hijau.

"PLN siap mendukung green transportation transformation baik itu EV maupun fuel cells. Beberapa bulan yang lalu kami sudah meresmikan produksi hidrogen yang ada di Muara Tawar, Muara Karang, dan juga Tanjung Priok. Kemudian dalam selang waktu sebulan, kami juga memproduksi (hidrogen) di 21 pembangkit kami dengan produksinya 199 ton per tahun dan di sini sudah green hydrogen karena kami menyediakan listriknya berbasis pada rooftop dan juga renewable energy certificate," jelasnya.

Baca Juga: Perpanjang SIM Online, Korlantas Polri Siapkan 54 Titik Layanan

Selain itu, kata Darmawan, PLN juga tengah mengembangkan hidrogen hijau dari true renewable energy production dengan membangun hydrogen production di Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Kamojang.

Halaman:

Editor: Abednego Afriadi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x