Teknik Seduh Kopi V60, Hasilnya Clean Aromanya Tetap Terjaga

- 30 Desember 2021, 15:21 WIB
Alat saring kopi V60
Alat saring kopi V60 /Instagram

KARANGANYARNEWS - Melengkapi artikel sebelumnya berjudul Resep Kopi Tubruk, kali ini giliran kami hadirkan resep kopi saring ala V60. Bagi pecinta kopi yang tak suka dengan sisa bubuk kopi, metode atau menu ini menjadi salah satu pilihan.

Apa itu V60? 

Bentuknya seperti angka V, mengerucut terbalik dengan kemiringan 60 derajat. Itulah yang menyebabkan alat ini disebut sebagai V60.

Untuk menyeduh dengan cara menggunakan V60 ini, dapat Anda lakukan di rumah, harganya pun murah. Alat ini dilengkapi dengan kertas filter, guna menyaring kopi.

Baca Juga: Resep Kopi Tubruk, Sederhana Tapi Dahsyat Mantapnya

V60 masuk dalam kategori manual brew dengan metode pour over. Tetesan hasil seduhannya lebih bersih dengan citarasa kopi yang lebih lembut. 

Biasanya metode V60 yang sekaligus dijadikan nama menu ini disajikan dengan cara dituang ke dalam server terpisah dengan gelas atau sloki. Sajian ini boleh dikatakan Instagrammable ketimbang kopi tubruk.

Ukuran Gilingan Kopi

Seperti dijelaskan di artikel sebelumnya, jika Anda suka kopi dengan cara disaring seperti V60 ini, gilinglah bijih kopi dengan ukuran kasar atau medium. Umumnya metode ini lebih tepat untuk menyeduh kopi Arabica yang cenderung asam, dengan ukuran roastingan light to medium. 

Halaman:

Editor: Abednago Afriadi

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x