Resep Kopi Tubruk, Sederhana Tapi Dahsyat Mantapnya

- 30 Desember 2021, 11:03 WIB
Kopi Tubruk
Kopi Tubruk /Kopi tubruk di Kopi Kauman

KARANGANYARNEWS - Inilah resep menyeduh kopi dengan metode tubruk atau tanpa saringan. Ini adalah artikel pertama tentang teknik menyeduh kopi dengan alat manual atau yang biasa disebut manual brewing.

Artikel ini sekaligus melengkapi artikel tentang kopi sebelumnya yang berjudul 5 Alat kopi murah untuk buka kedai kecil-kecilan. Bacalah terlebih dahulu sehingga dapat dengan mudah mengikuti informasi yang kami berikan. 

Baca Juga: 5 Alat Kopi Murah untuk Modal Buka Kedai Kecil-kecilan, Lengkap dengan Harga Pasarannya

Untuk diketahui terlebih dahulu bahwa mantap tidaknya secangkir kopi tergantung beberapa faktor. Adapun faktor yang menentukan nikmat tidaknya seduhan kopi di antaranya adalah kualitas bijih kopi pasca panen, hasil roasting atau sangrai bijih kopi, ukuran gilingan, suhu air, rasio perbandingan antara kopi yang sudah digiling dengan air panas, serta ketepatan waktu ketika menyeduh.

Untuk kualitas bijih kopi akan kita bahas lebih lanjut. Begitu juga dengan varietas kopi robusta, arabica, Liberica/ekselsa.

Oke, taruhlah saat ini Anda sudah beli kopi yang bukan sasetan, melainkan kopi asli jenis robusta yang sudah digiling dengan kualitas yang maksimal.

Ukuran GilinganBaca Juga: 5 Kedai Kopi Paling Recommended & Instagramable di Lereng Lawu

Jika Anda memesan kopi untuk sekadar diseduh secara tubruk dan esspresso, disarankan menggunakan bijih kopi yang digiling secara fine atau halus. Jika Anda suka kopi dengan cara disaring, belilah kopi yang digiling dengan ukuran medium atau kasar. 

Oke, langsung saja kita praktikkan menyeduh kopi dengan metode kopi tubruk yang meskipun tanpa saringan akan tetap mantap. Karena bagaimana pun, kopi itu soal rasa. Alat saringan hanyalah sebagai pembantu.

Halaman:

Editor: Abednago Afriadi

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x