Resep Seduh Kopi Vietnam Drip, Jangan Lupa Susunya

- 30 Desember 2021, 20:31 WIB
Alat saring kopi Vietnamdrip
Alat saring kopi Vietnamdrip /Instagram

KARANGANYARNEWS - Kali ini giliran kami hadirkan resep kopi saring ala orang Vietnam, yakni Vietnam Drip. Bagi pecinta kopi yang tak suka dengan sisa bubuk kopi dan pecinta susu kental manis, penyeduhan ini menjadi salah satu favorit.

Apa itu Vietnamdrip?

Bentuknya unik, seperti gelas tapi berbahan stainless. Bentuknya yang unik inilah yang membuat pecinta kopi memotretnya terlebih dahulu sebelum menikmatinya.

Vietnam Drip memiliki 4 komponen yang wajib ada. Di antaranya semacam pipa stainless yang bagian bawahnya terdapat banyak lubang, lalu ada penyaring stainless di bawahnya yang berbentuk bundar yang juga memiliki banyak lubang, kemudian tamper dengan banyak lubang yang berfungsi menekan bijih kopi yang hendak diseduh, dan penutup untuk mempertahankan suhu kopi setelah selesai diseduh. 

Baca Juga: Teknik Seduh Kopi V60, Hasilnya Clean Aromanya Tetap Terjaga

Secara proses penyeduhan, Vietnam Drip mirip dengan V60. Hanya, hasilnya lebih pekat mendekati esspresso karena rasio perbandingan kopi dan air panasnya berbeda dengan V60.

Di beberapa kedai kopi, Vietnam Drip disajikan dengan susu kental manis. Ada sensasi pertempuran rasa yang kuat antara pahitnya kopi dengan susu kental manis. 

Untuk sejarah dripper asal Vietnam ini akan kita bahas di artikel selanjutnya. Kali ini kita langsung saja ke cara menyeduh kopi dengan menggunakan Vietnam Drip.

Baca Juga: Resep Kopi Tubruk, Sederhana Tapi Dahsyat Mantapnya

Halaman:

Editor: Abednago Afriadi

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x