Dibalik Viral Tugu Jati Bedug, Inilah Sederet Kisah Misterinya

- 28 Februari 2022, 10:36 WIB
Tugu Jati Bedug menandai wilayah kekuasaan Kabupaten Gunung Kidul (Daerah Istimewa Yogjakarta) dengan Kabupaten Wonogiri dan Kabupaten Sukoharjo (keduanya Provinsi Jawa Tengah)
Tugu Jati Bedug menandai wilayah kekuasaan Kabupaten Gunung Kidul (Daerah Istimewa Yogjakarta) dengan Kabupaten Wonogiri dan Kabupaten Sukoharjo (keduanya Provinsi Jawa Tengah) /Tangkapan Medsos/

KARANGANYARNEWS – Takbanyak netizen tahu, dibalik viralnya Tugu Jati Bedug menyimpan sederet cerita misteri. Inilah sederet kisah misteri kesaksian warga di sekitar tugu bersejarah tadi.

Mayoritas masyarakat di sekitarnya menyebutnya Tugu Jati Bedug. Namun,   tidak sediki juga yang menamakan Tugu Ireng dan ada lagi Tugu Watu.  

Hasil penelusuran KaranganyarNews.com, keseluruhan sebutan memang benar. Tugu Jati Bedug dari sisi historisnya, terkait perjuangan Pangeran Samber Nyawa, pendiri dinasti Kadipaten Pura Mangkunegaran di Surakarta.

Baca Juga: Misteri Speaker Toa di Stabelan, Pamali Dibunyikan Saat Erupsi Merapi

Disebut Tugu Ireng, dikarenakan dulu dikeramatkan warga setempat, tidak ada  yang berani mendekat dan membersihkannya, hingga berselimut lumut tebal dan nampak hitam kelam.  

Diperoleh keterangan, tahun 1990-an tugu di tengah jalan ini masih selalu dipasangi sesaji. Baik saat ada acara adat di desa, demikian juga setiap ada warga yang punya hajat.

“Dulu jalannya juga belum selebar dan semulus seperti saat ini, selepas maghrib tidak ada lagi warga yang berani melewati Tugu Jati Bedug. Sering ada penampakan menakutkan,” kata Mbah Wiro Sentiko, 67 tahun, warga setempat.

Baca Juga: Tingalan Jumenengan PB XIII; Kronologis Putra Raja Tak Dapat Masuk Istana

Belakangan setelah sering terjadi kecelakaan, pengendara sepeda motor dan armada roda empat menabrak Tugu Hitam, warga setempat berinisiatif mengecat warna putih, dimaksud agar para pengendara lebih mengetahuinya.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x