Aneh, Warga Sekitar Telaga Jonge Gunung Kidul Tidak Berani Saling Besanan. Ada Apa..?

- 22 Maret 2022, 21:24 WIB
Telaga Jonge di Gunung Kidul menyimpan misteri terkait larangan menikah antar warga yang tinggal di sekitarnya
Telaga Jonge di Gunung Kidul menyimpan misteri terkait larangan menikah antar warga yang tinggal di sekitarnya /Klasik Herlambang/Karanganyar News


KARANGANYARNEWS - Peristiwa mengerikan yang mengawali terbentuknya Telaga Jonge, membuat warga di sekitar telaga tidak berani untuk menjalin hubungan pernikahan di antara mereka.

Telaga Jonge sendiri berada di Dusun Kwangen, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, DI Yogjakarta dan menjadi salah satu tempat wisata favorit di Gunung Kidul. Sebab telaga ini terbilang salah satu fenomena alam unik yang ada di wilayah ini.

Ya, meski berada di kawasan pegunungan kapur yang panas, air telaga ini nyaris tidak pernah surut. Sehingga bisa menopang kebutuhan warga sekitar, baik untuk pertanian ataupun yang lain.

Dan bagi warga di sekitarnya, keberadaan telaga ini memang begitu diistimewakan.

Baca Juga: Shot Sage Blue Marilyn Diperkirakan Laku Rp 2,8 Triliun. Berikut Deretan Karya Seni dengan Harga Termahal

Sehingga tiap setahun sekali pasti akan diadakan acara bersih sendang yang di dalamnya diisi dengan berbagai pertunjukan kesenian, serta selamatan besar-besaran yang diikuti seluruh warga yang berada di sekitar telaga.

Kearifan lokal yang masih terpelihara ini pula yang diyakini mampu menjaga kelestarian Telaga Jonge, sehingga tidak pernah mengalami masalah dalam persediaan air, meski musim kemarau panjang.

Bagi warga sekitar, hal itu tentu tak lepas dari legenda sosok Ki Ageng Jonge atau juga disebut Ki Ageng Sidik Wacana atau Ki Soponyono, yang diceritakan sebagai salah seorang pengikut Brawijaya V dan memilih menetap di Gunung Kidul.

Sama seperti halnya dengan Ki Ageng Giring yang ikut membidani berdirinya kerajaan Mataram, Ki Ageng Jonge juga seorang ahli nujum yang memiliki kemampuan dalam melihat masa depan. Karena itulah, dia begitu dihormati dan disegani para pengikutnya.

Baca Juga: Membanggakan, Film 'Yuni' Tampil di Puncak International Film Festival of Ottawa (IFFO) 2022

Dalam pelariannya dari Majapahit, Ki Ageng Jonge memang memiliki banyak pengikut, yang selanjutnya tinggal saling berdekatan. Dan setelah Ki Ageng Jonge meninggal, mereka tetap setia tinggal di sana.

Halaman:

Editor: Langgeng Widodo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x