Tausiah Hari Ini; Inilah Misteri Taqdir yang Tak Diketahui Manusia

- 26 Mei 2022, 15:51 WIB
Drs. H. Moch Isnaeni, M.Pd.
Drs. H. Moch Isnaeni, M.Pd. /dok pribadi/

Tausiah |.| Ustadz Moch Isnaeni

TAKDIR merupakan pertemuan antara ikhtiar atau usaha manusia dengan kehendak Allah. Hidup merupakan rangkaian usaha demi usaha, sambungan ikhtiar demi ikhtiar.

Namun demikian, ujung dari usaha dan puncak ikhtiar tidak selalu berhubungan langsung dengan kesuksesan dan keberhasilan.

Ada simpul lain yang menghubungkan dengan keberhasilan, tak lain kehendak Allah. Simpul yang tidak diketahui atau misteri taqdir yang gelap bagi manusia, kita semua dan tiada seorang pun dapat mengetahuinya kepastiannya, apa yang akan diusahakannya besok (QS. Luqman:34)

Baca Juga: Tausiah Hari Ini; Mudah Diamalkan, Inilah Syariat ‘Belajar Menerima Taqdir’

Pada setiap usaha yang kita lakukan, kita harus melakukan segala sesuatu dengan baik, profesional, tertib, dan penuh semangat.

Sedangkan pada wilayah yang gelap, usaha kita adalah berdoa, berharap, dan bertawakal kepada Allah. Dalam setiap ikhtiar yang kita usahakan, harus kita tutup kalkulasi optimisme dengan kata Insya Allah, ’semoga’ atau ’mudah-mudahan.

Bagi seorang mukmin, kata ’semoga’ atau ’mudah-mudahan’ bukan hanya masalah kebergantungan, tapi juga merupakan buah dari pemahamannya terhadap prinsip aqidah Islam, tempat menyandarkan seluruh pengharapan kita.

Baca Juga: Begini Jalannya Akad Nikah Adik Jokowi dengan Ketua MK

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x