Kumpulan Penampakan Embun Upas Dieng dari Dekat, Dinginnya Pollll

- 30 Juni 2022, 13:41 WIB
Embun upas menempel di dahan Dataran Tinggi Dieng
Embun upas menempel di dahan Dataran Tinggi Dieng /Instagram

KARANGANYARNEWS - Kumpulan penampakan embun beku atau embun upas di Dataran Tinggi Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah muncul pada Kamis 30 Juni 2022 dini hari tadi. Kabar penampakan fenomena alam itu diungkapkan Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dieng Pandawa, Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Alif Faozi.

Fenomena embun beku atau embun upas itu terjadi seiring dengan penurunan suhu udara di wilayah itu. Embun menjadi membeku serupa dengan es yang hinggap di semua lembar dedaunan.

"Awalnya saya kira kemunculan embun upas akan mundur karena beberapa hari kemarin masih sering turun hujan, tapi ternyata dini hari tadi embun upasnya mulai muncul meskipun masih tipis," kata Alif, Kamis 30 Juni 2022 di Banjarnegara.

Baca Juga: Bukan Hanya Sekali, Ini Semburan Gas Panas di Dieng dari Tahun ke Tahun

Kemunculan embun upas atau embun beku menurut Alif, biasanya akan sering terjadi dan makin tebal saat puncak musim kemarau, terutama ketika suhu udara terasa sangat dingin yang disebut bedhidhing oleh orang Jawa.

Terkait dengan suhu udara di Dieng yang memicu kemunculan embun upas pada Kamis, dini hari, ia mengaku tidak sempat melakukan pengukuran.

"Namun sepertinya belum sampai minus 1,5 derajat Celcius hingga minus dua derajat Celcius seperti yang muncul dalam pemberitaan. Mungkin iya kalau mengukurnya berdekatan dengan embun upas, tapi kalau agak tinggi mungkin hasilnya akan berbeda," ujar pria asli Dieng itu.

Baca Juga: 9 Korban Semburan Gas Beracun Dieng Sesak Nafas dan Muntah Darah

Alif sebagaimana dilansir KaranganyarNews dari AntaraNews mencontohkan ketika termometer diletakkan di depan pintu lemari es yang terbuka, hasil pengukuran suhunya akan berbeda dengan saat termometer dimasukkan ke lemari es.

Alif mengakui suhu udara di Dieng pernah terasa sangat dingin dan saat itu dikabarkan mencapai minus 12 derajat Celcius berdasarkan pengukuran di bawah atau dekat dengan embun yang membeku.

Halaman:

Editor: Abednego Afriadi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x