Bukan Hanya Sekali, Ini Semburan Gas Panas di Dieng dari Tahun ke Tahun

- 13 Maret 2022, 16:33 WIB
Ilustrasi - Kronologi dan penyebab kebocoran gas di Dieng,
Ilustrasi - Kronologi dan penyebab kebocoran gas di Dieng, /geodipa.co.id

KARANGANYARNEWS – Insiden semburan gas beracun terajadi di sumur panas bumi Geo Dipa Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah, Sabtu (12/2/2022).

PT Geo Dipa Energi (Persero) menjelaskan kecelakaan terjadi di Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) GeoDipa. Namun,  insiden tidak sampai menimbulkan ledakan.

Menurut Geo Dipa Energi, peristiwa berawal dari aktivitas quenching sumur. Seorang pekerja Pelaksanaan Pekerjaan Workover memeriksa relief valve di mud pump-1 yang terbuka secara otomatis.

Baca Juga: 9 Korban Semburan Gas Beracun Dieng Sesak Nafas dan Muntah Darah

Namun, pekerja itu tiba-tiba pingsan. Diduga dia  menghirup gas beracun yang keluar bersama dengan air saat relief valve terbuka.

Manajemen GeoDipa menyampaikan seluruh SOP sudah dijalankan sesuai dengan standar keamanan dan keselamatan kerja yang berlaku. Pihaknya juga memastikan tidak ada masyarakat umum yang menjadi korban.

Akibat semburan gas beracun itu, tercatat 7 korban. Satu korban meninggal dunia, dan 6 orang di antaranya dilarikan ke RSUD KRT Setjonegoro Wonosobo.

Baca Juga: Semburan Gas Beracun Sumur Panas Bumi Dieng Tewaskan Pekerja, Begini Kronologi Lengkap dan Daftar Korban

“GeoDipa bertanggung jawab atas kecelakaan ini, termasuk kepada semua korban,” jelas Corporate Secretary GeoDipa Endang Iswandini.

Halaman:

Editor: Ken Maesa Pamenang


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x