4 Cara Mudah Mengetahui Masa Subur Wanita, Mulai Metode Kalender hingga Cek Lendir Serviks

- 18 September 2023, 22:38 WIB
4 cara mudah mengetahui masa subur wanita, mulai metode kalender hingga cek lendir serviks. Mengetahui masa subur wanita merupakan hal penting. (Foto ilustrasi: Pixabay/JuliaFiedler)
4 cara mudah mengetahui masa subur wanita, mulai metode kalender hingga cek lendir serviks. Mengetahui masa subur wanita merupakan hal penting. (Foto ilustrasi: Pixabay/JuliaFiedler) /

KARANGANYARNEWS 4 Cara Mudah Mengetahui Masa Subur Wanita, Mulai Metode Kalender hingga Cek Lendir Serviks. Mengetahui masa subur wanita merupakan hal penting, terlebih bagi kamu yang saat ini sedang menginginkan punya buah hati.

Seperti diketahui, masa subur wanita atau masa ovulasi adalah waktu di mana sel telur yang sudah matang dilepaskan untuk kemudian dibuahi sperma di dalam rahim. Kesempatan untuk bisa hamil akan lebih besar jika sperma telah berada dalam tuba falopi selama masa subur.

Lantas, bagaimana cara mengetahui masa subur wanita? Berikut kami bagikan beberapa hal yang bisa kamu lakukan.

Baca Juga: DKI Ganti Nama Jadi DKJ Tahun Depan, Warga Jakarta Wajib Cetak Ulang E-KTP

  1. Gunakan metode kalender

Metode kalender umum dilakukan, yakni dengan mencari tahu kapan kamu mengalami menstruasi bulan kemarin atau bulan ini.

Masa subur wanita biasanya antara dua hingga lima hari sebelum ovulasi. Hanya saja masa ovulasi ini tidak sama pada setiap wanita, bergantung siklus menstruasi.

Apabila siklus menstruasi kamu rata-rata 28 hari, ovulasi biasanya terjadi pada hari ke-12 hingga 14 setelah menstruasi hari pertama.

Kelemahannya, metode ini tidak cocok bagi wanita yang siklus menstruasinya tidak teratur.

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x